Mahasiswa, Buruh, Aktivis Hingga Petani Akan Gelar Demo Nasional 19-20 Mei

Ilsutrasi unjuk rasa. Foto: CNNIndonesia.com

Bataminfo.co.id – Sejumlah elemen mahasiswa, buruh, petani, nelayan, aktivis, akademisi, hingga guru yang tergabung dalam Komite Rakyat Lawan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KRL-KKN) akan menggelar demonstrasi nasional pada 19-20 Mei mendatang.

“Menyerukan aksi nasional serentak dalam rangka menyelamatkan negara dari kerusakan dan kehancuran pada tanggal 19 hingga 20 Mei,” tulis keterangan resmi KRL-KKN yang dilansir dari Populis.id, Kamis (12/5/2022).

BACA JUGA:   Ambil Alih Kasus Bentrok Pengikut FPI dan Polisi, Bareskrim Polri Janji Akan Transparan

Demonstrasi nasional tersebut merupakan hasil konsolidasi tiga hari berturut-turut yang berlangsung pada 10-12 Mei lalu di kawasan Jambore, Cibubur, Jakarta Timur.

Dalam keterangan resminya, KRL-KKN menyoroti sejumlah permasalahan negara seperti banyaknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme di jajaran pemerintahan.

“Jalannya pemerintahan yang dikendalikan oleh oligarki dapat menyuburkan KKN, merusak demokrasi, dan mengabaikan kepentingan rakyat,” jelas KRL-KKN.

BACA JUGA:   Banjir Bandang di Flores Timur, 23 Orang Meninggal Dunia

Selain praktik KKN, kelompok ini juga menyoroti persoalan mahalnya harga kebutuhan pokok seperi minyak goreng, gas, BBM, dan listrik.

Tak hanya itu, nasib guru dan pegawai honorer pun tak luput dari perhatian. Mereka menuntut pemerintah agar mengangkat guru dan pegawai honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Menuntut agar rekrutmen guru dan pegawai honorer dilakukan secara transparan tidak berbau korupsi, kolusi, dan nepotisme,” tegasnya.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Peringati May Day: Buruh Aset Besar Bangsa

Selain demo nasional, KRL-KKN juga bakal menggelar aksi tabur bunga di tugu Reformasi Universitas Trisakti, 13 Mei besok. Aksi itu dilakukan untuk mengenang pahlawan reformasi yang gugur ditembak aparat pada Mei 1998 silam. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *