Kepada NADI Petani Rempang Galang Menitipkan Masa Depannya

Bataminfo.co.id, Batam– Perwakilan masyarakat Kecamatan Galang, Kota Batam yang tergabung dalam Asosiasi Petani Galang mendatangi Posko Pemenangan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam Nomor Urut 1, Nuryanto dan Hardi S Hood di Ruko Taman Seruni Indah Blok B Nomor 18 Batam Center, Rabu (16/10/2024) siang.

Adapun maksud dan tujuan dari kedatangan rombongan masyarakat Galang yang dipimpin oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Galang, Zulham adalah untuk menyampaikan keluh kesah yang dialami para petani sekaligus juga untuk memberikan dukungan dan semangat kepada Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Nuryanto dan Hardi S Hood di Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Kedatangan mereka disambut langsung dengan penuh kehangatan oleh Calon Wali Kota Batam Nomor Urut 1, Nuryanto atau yang lebih akrab disapa Cak Nur. Pertemuan tersebut berlangsung dengan penuh keakraban di ruang tamu Posko Pemenangan NADI.

Calon Wali Kota Batam Nomor Urut 1, Nuryanto mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kedatangan perwakilan masyarakat dari Kecamatan Galang ke Posko Pemenangan NADI di kota Batam.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kedatangan saudara-saudaraku yang jauh-jauh datang dari Kecamatan Galang ke Posko Pemenangan NADI,” ucap Nuryanto disela-sela kegiatan.

BACA JUGA:   Breaking News! Diduga Jalan Licin, Seorang Pemuda Tewas Kecelakaan di Tempat

Cak Nur mengatakan, satu sisi keberadaan para petani yang ada di Kecamatan Galang bisa dikatakan sangat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, ditengah keterbatasan lahan yang mereka kelola para petani itu masih bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur untuk masyarakat di kota Batam.

Namun, disisi lainnya keberadaan para petani dan pekebun ini sangat dibutuhkan sekali keberadaannya untuk mensuplay sayur-sayuran serta buah-buahan untuk di konsumsi masyarakat yang ada di kota Batam dan sekitarnya.

“Selama saya menjadi wakil rakyat dari mulai tahun 2009 lalu, tidak ada satu kebijakan pun dari pemerintah daerah yang arahnya kepada para petani. Dan, itu menjadi program prioritas kami ketika nanti terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam,” ucap Cak Nur.

Menurutnya, pada saat dia melakukan blusukan ke beberapa pasar yang ada di kota Batam, banyak masukan dan usulan dari para pedagang di pasar-pasar yang meminta jika nanti ia terpilih menjadi Wali Kota Batam, harus lebih memperhatikan para petani dan pekebun yang ada di Rempang dan Galang.

Hal itu dikarenakan, suplay sayur-sayuran dan buah-buahan yang berasal dari para petani dan pekebun di Rempang dan Galang bisa menekan harga supaya naiknya tidak melonjak terlalu tinggi.

BACA JUGA:   6 Bulan Mengalami Stroke, Partai Golkar Kepri Memberikan Bantuan dan Pengobatan Untuk Warga di Punggur

“Selain dapat menekan harga pasar supaya tidak melonjak, sayur-sayuran dari Rempang dan Galang masih segar dan fresh ketika tiba di pasar-pasar untuk dijual oleh para pedagang,” imbuhnya.

Maka dari itu, ketika nanti mereka diamanahkan oleh rakyat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam yang baru, kebijakan-kebijakan yang dibuat haruslah memiliki keberpihakan kepada para petani dan pekebun yang ada di Rempang dan Galang.

“Sejauh ini tidak ada dibuat Perda ataupun Tata Ruang nya yang mengatur tentang pertanian. Dan, hal itu akan menjadi prioritas NADI jika nanti terpilih menjadi kepala daerah di kota Batam,” sebutnya.

“Kalau NADI menang, secepatnya kita akan mencarikan solusi terbaik untuk saudara-saudara kita para petani dan pekebun di Rempang dan Galang,” tutur Cak Nur.

Dilokasi yang sama, Ketua Gabungan Kelompok Tani Rempang dan Galang, Zulham yang disampaikan melalui Ketua Kelompok Tani Galang, Obet Sihotang mengatakan, pihaknya menitipkan nasib ratusan petani dan pekebun yang ada di Rempang dan Galang kepada Paslon NADI, Nuryanto dan Hardi S Hood.

Dia mengatakan, sebenarnya niat dari para petani dan pekebun ini sudah jauh-jauh hari disampaikan kepada Cak Nur jauh sebelum pencalonan sebagai Wali Kota Batam. Namun, setelah Cak Nur resmi maju di Pilkada kota Batam, pihaknya semakin mantap untuk mendukung pencalonan Cak Nur untuk menjadi pemimpin kota Batam yang baru.

BACA JUGA:   Gencar Lakukan Pengawasan, Bea Cukai Batam Berhasil Tindak Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal dan Barang Ilegal Lainnya

“Kami menitipkan masa depan para petani dan pekebun yang ada di Rempang dan Galang kepada Paslon NADI. Dan, kami akan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Paslon NADI di Rempang dan Galang,” ucap Obet Sihotang.

Kenapa para petani di Rempang dan Galang menaruh harapan besar kepada pasangan calon NADI, karena sosok Cak Nur yang telah berbuat banyak untuk membantu membebaskan para petani yang ditangkap pihak Kepolisian karena terlibat dalam kerusuhan beberapa waktu lalu

“Cak Nur ikut berjuang untuk membebaskan saudara-saudara kami para petani yang ditangkap Polisi. Dan, itu memang terbukti dilakukannya,” sebut Obet didampingi Zulham, Kasim dan Armanto.

Pihaknya berharap, ketika nanti Nuryanto terpilih menjadi Wali Kota Batam, ada kejelasan legalitas ataupun Perda serta Tata Ruang yang mengatur tentang tempat ataupun lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk bertani dan berkebun bagi para petani dan pekebun di Rempang dan Galang.