Penutupan TMMD ke-120, Danrem 033 Wira Pratama Batam: ini Untuk Membangun Daerah

Ket Foto : Penutupan TMMD ke-120 di Kabil Batam | Jumat, (7/24) | dok.Non/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam Provinsi Kepualauan Riau (Kepri) resmi ditutup oleh langsung Komandan Korem (Danrem) 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke pada Jumat, (7/6/2024).

Penutupan TMMD ke-120 itu dilakukan dengan upacara bersama para Prajurit TNI/Polri serta warga yang dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Jefridin Hamid, yang berlangsung di Lapangan Kaliban Trade Center Kabil.

Upacara penutupan TMMD tersebut dibingkai dengan penampilan Marching Band dari para Santri-Santriwati setempat sebagai bentuk apresiasi terhadap program TMMD yang telah dilakukan oleh TNI, berkolaborasi dengan warga sekitar.

Dalam kesempatan itu, Komandan Korem (Danrem) 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan TMMD ini adalah untuk membantu masyarakat setempat. Danrem menyebut, pihaknya mengerakkan personilnya sebanyak 150 orang untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan TMMD tersebut.

BACA JUGA:   Patroli Jalan Kaki, Samapta Polsek Batu Ampar Berikan Himbauan ke Masyarakat di Pasar Kaget Jodoh

“Sesuai dengan saya sampaikan di amanat bahwa ini adalah penutupan TMMD yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kami mewakili Pangdam I Bukit Barisan disini. Satgasnya dipercayakan kepada Pak Dandim Batam. Pembangunan yang dilaksanakan yaitu pelebaran jalan serta pembuatan saluran dan bak kontrol. Kemudian sasaran non-fisik yang dilaksanakan adalah penyuluhan terhadap masyarakat,” ucap Brigjen TNI Jimmy.

Lanjut dia, “Kami dari TNI adalah bagian dari Pemerintah untuk membantu Pemerintah daerah (Pemda). Kerjasama TNI/Polri untuk membangun bertujuan untuk memajukan daerah. Berikutnya lagi untuk TMMD ke-121 akan dilaksanakan di Tanjung Balai Karimun. Personil yang dikerakan ada sekitar 150 orang yang terdiri dari TNI/Polri kemudian ada Aparat Pemerintah. Kita mengajak masyarajat untuk bergotong royong karena itu kan kita buat untuk masyarakat. Bantuan dananya dari pusat ada, dari Pemerintah Daerah ada juga,” sambungnya lagi.

BACA JUGA:   Pemuda GMIT Kota Batam Gelar Retret di Ekowisata Mangrove Nongsa Batam, Api Unggun Jadi Puncak Acara

Brigjen TNI Jimmy menuturkan, pihaknya jiga disokong dengan anggaran dari Pemda dalam menjalankan kegiatan TMMD ini. Dalam kesempatan ini, dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar dapat menjaga serta merawatnya agar memiliki ketahanan yang lama. Tak hanya itu, dia juga meminta awak media (Jurnalis/Wartawan) untuk turut mengontrolnya.

“Dukungan anggaran ada dari Pemerintah Daerah juga. Tetapi hasilnya itu digunakan oleh masyarakat. Kami berharap kepada masyarakat tolong dijaga. Jangan dirusak. Dipelihara supaya masa pakainya lama. Kami mohon kepada Media juga untuk terus mengontrol. Sekali lagi ini pertanggungjawabannya kepada masyarakat. Untuk waktu pelaksanaannya itu ada yang nanya Pra-TMMD, yang mana bila adanya halangan seperti cuaca hujan. Jadi selama 30 hari itu kita hanya melaksanakan proses finishing,” ujarnya.

BACA JUGA:   Usai Idul Adha, Arus Balik Penumpang di Pelabuhan Telaga Punggur Lancar

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 0316 Batam Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing menambahkan bahwa pihaknya memilih Kabil sebagai Lokasi TMMD ke 120 atas dua aspek yang menjadi alasan.

“Alasan kenapa milih di Kabil ada dua aspek yaitu; aspek pertahanan dan aspek kesejahteraan. Kita harus siap melaksanakan kegiatan ini. Karena kan kalau akses jalan bagus, mobilisasi akan lebih baik. Dengan jalan bagus pasti akan mendukung perekonomian masyarakat disini, dalam krseharian mereka,” tambah Dandim.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan TMMD ini dapat membantu akses jalan bagi warga Kelurahan Kabil. Selainitu, mereka juga berharap, melalui kegiatan ini terus terjalin silaturahmi diantara TNI Polri dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *