Batam  

Joki IMEI iPhone Kembali Marak di Pelabuhan Internasional Batam Center

Bataminfo.co.id,Batam – Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Internasional Batam Center dipadati oleh para pemudik baik arus pergi maupun balik dari negara Singapura mau pun Malaysia.

Pantauan bataminfo.co.id Minggu malam 24/12/2023 ,di pelabuhan internasional Batam Center, penumpang kapal di pelabuhan tersebut bukan hanya di padati oleh penumpang biasa melainkan dipadati oleh para “Joki” IMEI IPhone yang di bawa dari Singapura menuju ke Kota Batam untuk didaftarkan IMEI melalui Bea Cukai Pelabuhan Batam Center.

“Iya Antri panjang nih. Pada mau daftar IMEI IPhone,” ujar seorang ibu yang saat itu mengikuti antrian panjang di pelabuhan kedatangan, guna pendaftaran IMEI Iphone, pada Minggu (24/12) malam.

Selain itu, para joki IMEI ini lebih dominan dilakukan oleh kaum perempuan dibanding laki-laki. Diduga para joki IMEI tersebut memiliki masing-masing kordinator yang sudah menunggu di luar pintu kedatangan penumpang yang berkeliaran disekitaran pelabuhan Internasional Batam Center.

BACA JUGA:   Melihat Rempang & Teori Balon Bj Habibie: Pemerintah Tak Akan Sengsarakan Masyarakat

Informasi yang berhasil dihimpun awak media, bahwa memang benar para joki IMEI sudah menjamur di pelabuhan internasional Batam Center. Adapun diduga marak Joki IMEI ini mereka difasilitasi oleh “mafia” IMEI dengan fasilitas yang menggiurkan.

“Iya disini (Pelabuhan Internasional Batam Center) pasti antri panjang sekali setiap kedatangan kapal . Soalnya pulang dari Singapura para joki IMEI ini di bekali 1 atau 2 unit iPhone untuk di daftarkan di Indonesia itu lah penyebab antrian disini menumpuk,” ungkap salah seorang pekerja disekitar pelabuhan yang enggan disebutkan namanya.

Ia menjelaskan, para joki IMEI juga difasilitasi tiket pulang- pergi gratis dan upah pada saat sukes mendaftarkan IMEI pada iPhone yang dititipkan kepada para joki.

“Setau saya pak kalau kita dapat fasilitas tiket PP dan makan gratis kita di upah 300rb per unit. Tapi kalau tidak full fasilitas kita dapat upah 500rb per unit,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pjs Wako Batam Resmikan TPQ Khusus Suku Laut di Pulau Nipah

Lanjutnya, ia menyebutkan, bahwa para joki IMEI tersebut dibekali iPhone yang belum didaftarkan IMEI dari negara seberang untuk dibawa ke Indonesia dan didaftarkan IMEI nya di Indonesia.

“Waktu kita mau balik dari Singapura ke Indonesia nanti di pelabuhan sana ada yang titipkan iPhone untuk didaftarkan IMEI nya. Tapi sebelum di titipkan ke para penumpang (Joki IMEI), mereka difoto dulu paspor dan KTP nya kordinator yang di sudah standby di pelabuhan Indonesia mengetahui siapa saja joki yang mereka akomodir. Setau saya seperti itu,” jelasnya.

Dari pantauan Bataminfo di pelabuhan internasional Batam center ,Setelah sampai di pelabuhan ,para joki IMEI iPhone tersebut telah di tunggu oleh para orang suruhan pemilik iPhone untuk mengambil iPhone yang telah terdaftar di bea cukai,Di duga aksi ini berjalan lancar lantaran para pemain IMEI iPhone ini telah berkoordinasi dengan berbagai pihak

BACA JUGA:   Pegawai Pemko Batam Jalani Tes Antigen

Sebelumnya, Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 marak ajakan beberapa akun di sosial media memberikan fasilitas liburan Nataru gratis ke negara Singapura dan dilengkapi dengan fasilitas yang sangat “menarik” secara gratis.

Informasi yang berhasil dihimpun bataminfo.co.id melalui posting di beberapa group media sosial, para “pemain” IMEI mengajak masyarakat untuk berlibur ke negara Singapura secara gratis.

“Yuk ibu-ibu bw keluarga yg mau liburan ke Singapore bareng free tiket PP Yuk berangkat hubungi saya ya. Sabtu ini berangkat Setiap hari ada quota berangkat ada 12 orang langsung berangkat gratis,” kata dari postingan yang beredar di group WhatsApp, Minggu (24/12).

Namun yang membuat janggal dari postingan tersebut, diakhir unggahan liburan gratis itu terdapat tulisan “Syarat dan ketentuan berlaku” tapi tak satupun syarat dan ketentuan yang dimaksud dituliskan pada unggahan tersebut dan terkesan memiliki syarat yang terselubung.(dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *