Dukung Pemecahan Rekor MURI, Personil Rumkital dr. MDTS Sukseskan Giat Bhaksos Kes TNI AL

Fot: ist

Bataminfo.co.id, Tanjungpinang- Sebanyak 49 orang personil Rumkital dr. Midiyato Suratani dari 76 Nakes gabungan yang terlibat, turut berpartisipasi dalam mensukseskan giat Bhaksos Kesehatan TNI AL yang diadakan dalam rangka untuk memperingati HUT ke 77 TNI AL tahun 2022.

Kegiatan ini juga untuk pemecahan rekor MURI 3 kategori yang meliputi, pelaksana donor darah dan khitanan massal terbanyak diatas KRI, serta pembersihan plak dan karang gigi dengan jumlah serta lokasi terbanyak yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia, pada hari Selasa (06/09/2022).

Dalam pelaksanaan tersebut, Rumkital dr. Midiyato Suratani bersama Lantamal IV mengadakan Bhaksos Kes berupa Donor darah dan Khitanan massal diatas geladak KRI Bung Tomo-357 yang sandar di Dermaga Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, sementara pelaksanaan pembersihan plak dan karang gigi diadakan di Poli Gigi Dep. Gilut Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang.

Dalam kegiatan yang diadakan secara serentak tersebut dibuka secara terpusat oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M melalui video conference dari KRI Semarang-594.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan, bakti sosial kesehatan TNI AL yang diselenggarakan secara serentak ini adalah sebagai bentuk dan wujud dari kepedulian TNI AL terhadap sesama. Untuk terselenggaranya kegiatan agar dapat berjalan baik dan lancar, beliau berpesan dan menekankan, agar dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dapat memperhatikan keselamatan pasien dan bagi Nakes yang melaksanakan.

BACA JUGA:   Gelar Tepuk Tepung Tawar, Masyarakat Desa Penaga Bintan Doakan Kemenangan Rudi - Rafiq di Pilgub Kepri 2024

Dalam kesempatan tersebut disela-sela kegiatan, menanggapi awak media, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M Kamil, Sp.B selaku penanggung jawab dengan didampingi Wakamed Kolonel Laut (K) dr. Anang Mufti Sumarsono, M.Adm.Kes.,Sp.B.Onk (K) selaku Ketua Panitia dan Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Muji Lestanto S. Km.,M.M menjelaskan.

“Saat ini kita berada diatas geladak KRI Bung Tomo-357 yang sandar di Dermaga Fasharkan Mentigi Tanjung Uban. Adapun kegiatan yang kita laksanakan adalah bakti sosial kesehatan dalam rangka HUT ke 77 TNI Angkatan Laut dan juga pemecahan rekor MURI 3 kategori, berupa, yang pertama, donor darah terbanyak diatas KRI, kedua sunatan massal terbanyak diatas KRI dan yang ketiga pembersihan plak dan karang gigi dengan jumlah dan lokasi terbanyak yang diadakan secara serentak di seluruh indonesia,” ujar Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K).

“Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di wilayah kerja Rumkital dr. Midiyato Suratani dan Lantamal IV Tanjungpinang sendiri bukan hal yang baru karena sering dilaksanakan bakti sosial semacam ini baik di kota sampai di daerah. Hal ini untuk membuktikan bahwa TNI AL itu ada dan berniat baik untuk membantu masyarakat yang membutuhkan khususnya di bidang kesehatan,” paparnya.

BACA JUGA:   Lakukan Pencabulan Terhadap Dua Anak Dibawah Umur, Pelaku Digiring Ke Polresta Tanjungpinang

Lebih lanjut beliau menjelaskan, Hal ini merupakan salah satu bentuk wujud sinergitas TNI AL dengan satuan yang ada yang berkontribusi kepada negara dalam memperkuat kemanunggalan TNI AL dengan rakyat, bahwa TNI AL dan rakyat merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

“Oleh karena itulah HUT TNI Angkatan Laut tahun ini mengangkat tema “TNI AL Yang Professional, Modern, Tangguh Siap Mensukseskan Indonesia, Pulih Lebih Cepat bangkit.

Adapun personil tim kesehatan yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan tersebut untuk wilayah Kepri sebanyak 76 orang dengan rincian, 49 orang personil dari Rumkital dr. Midiyato Suratani, 9 orang personil dari Diskes Lantamal IV, 9 orang personil dari BK Fasharkan Mentigi, 8 orang personil dari PMI Tanjungpinang dan 1 orang personil dari UTD Tanjung Uban.

Hadir dalam kegiatan diatas geladak KRI Bung Tomo-357 tersebut diantaranya, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani M.Sos, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M Kamil, Sp.B, Asops Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Agus Izudin, S.T, Dansatran Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin, Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usodo, Komandan KRI Bung Tomo Kolonel Laut (P) Ludfy, Wakamed Rumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Anang Mufti Sumarsono, M.Adm.Kes.,Sp.B.Onk (K), Wadan Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban Kolonel Mar Bambang Ardianto, M.M, Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Muji Lestantl S.Km.,M.M, Ketua Korcab IV DJA 1 Ny. Reini Kemas beserta pengurus, Ketua Jalasenastri Ranting H Cabang GJM Ny. Rini Edwin M Kamil beserta pengurus, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab IV DJA I Fasharkan Mentigi Ny. Lia Basuki Tri Husodo beserta pengurus. Sementara yang hadir di Poli Gigi Dep Gilut Rumkital dr. Midiyato Suratani, Wakabin Kolonel Laut (K) dr. Redemptus Yudadi, Sp.B.,Sp.B-KBD dan Kadep Gilut Letkol Laut (K) drg. Bachtiar Efendi, Sp.KG.,M.Tr.Hanla.,M.M.

BACA JUGA:   Wow! Kabar Gembira, Harbour Bay Mall Batam Bakal Disulap Jadi Resort Within City 

Selama kegiatan berlangsung, pelaksanaan terpantau dapat berjalan tertib, lancar dan aman, dengan hasil sangat mengagumkan.

Rekor MURI berhasil dipecahkan. Dari hasil pantauan, untuk Bhaksos Kes yang diadakan di KRI Bung Tomo-357 sendiri dalam kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 160 kantong darah dari yang ditargetkan sebanyak 150 orang, 92 anak yang dikhitan dari target 100 dan untuk pelaksanaan pembersihan plak dan karang gigi yang diadakan di Poli Gigi Dep Gilut Rumkital dr. Midiyato Suratani mencapai 247 orang pasien dari target 200.

Secara umum untuk wilayah Indonesia, untuk donor darah secara keseluruhan mencapai sebanyak 8.355 orang, khitanan massal sebanyak 2.175 orang, sementara untuk pelaksanaan pembersihan plak dan karang gigi sebanyak 5.623 orang. (MJA/Dispen RSAL dr. MDTS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *