Batam  

Imigran Afghanistan di Batam Kembali Berunjuk Rasa, Suarakan Keinginan ke Negara Ketiga

Para pencari suaka asal Afghanistan menyampaikan aspirasinya di depan gedung Pemko Batam, Rabu (22/12/2021). Foto: Non/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Para pencari suaka asal Afghanistan kembali berunjuk rasa di depan gedung Pemko Batam, Rabu (22/12/2021).

Tuntutan dari aksi kali ini masih sama. Yakni meminta bantuan Wali Kota Batam, agar memproses mereka ke negara ketiga.

“Kita udah dari jam 09.00 Pagi tadi, mulai dari Bundaran Regata sampe kesini. Kita disini masih seperti kemarin. Kita cuma mau minta tolong sama Walikota saja,” ucap Daud Haudari saat diwawancarai Bataminfo.co.id.

BACA JUGA:   Pengaruh Alkohol dan Pil Koplo, Dua Pemuda di Batam Coret Dinding Terowongan Pelita Batam

Melalui Aksi ini, mereka meminta kepada Pemerintah kota Batam agar membantu memulangkan mereka ke negara ketiga yakni Australia, Amerika Serikat, atau New Zealand. Terkait hal tersebut, Daud mengungkapkan, pihaknya sudah mengkomunikasikan hal itu ke pihak United Nation Hight Commissioner for Refugees (UNHCR), namun tak membuahkan hasil yang diharapkan.

“Lebih dari beberapa tahun kita juga sudah ketemu UNHCR, tapi nggak ada yang jawab jelas kapan kita bisa ke negara lain. Sampai sekarang tidak jelas, makanya kita minta bantu pemerintah Indonesia. Tolong bantu kita. Tapi sampai sekarang nggak ada yang jawab,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pengelola Gudang Besi Tua Di Kampung Air Dukung Pemindahan Barang Dari Bahu Jalan

Aksi yang diikuti oleh ratusan Pengungsi ini akan berhenti jika bisa bertemu dengan Walikota Batam. Kepada Walikota, mereka ingin meminta hak sebagai manusia layaknya. Mereka berharap kepada Pemerintah kota Batam segera memberikan bantuan kepadanya.

“Kita ada sekitar 400 Orang. Ada yg di Sekupang, ada yang di Kolekta. Disini kita nggak bisa kerja, anak-anak nggak bisa sekolah. Disini, hak manusia nya kita juga nggak ada. Kita berharap yah bisa dibantu aja gitu,” ucapnya.

BACA JUGA:   Doel Sumbang Di Pastikan Hadir Jadi Bintang Tamu Utama Dalam Acara Soenda Fest 2023

Pantaun di lapangan, aksi para pencari suaka ini mendapat pngawalan ketat aparat kepolisian dan Satpol PP Pemko Batam. Dalam aksinya, para imigran membawa sejumlah spanduk yang berisikan tuntutan mereka. (non)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *