Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina meninjau pelaksanaan vaksinasi lanjutan untuk pelajar SMP, SMA dan SMK yang diselenggarakan BIN Kepri di Vihara Maitreya Batam Center, Sabtu (18/9/2021). Foto: yog/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kepri menggelar vaksinasi lanjutan untuk pelajar SMP, SMA dan SMK di Kota Batam, di Vihara Maitreya, Batam Center, Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan ini dipantau langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina. Ia pun memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan vaksinasi sebagai upaya untuk mengejar capaian vaksinasi dan mewujudkan herd immunity di tengah masyarakat.

“”Terima kasih kepada stakeholder yang telah bekerjasama dengan kami, sangat luar biasa kerja nyata kita semua, mudah – mudahan kesehatan masyarakat bisa dipulihkan dan ekonomi bisa bangkit kembali,” ucap Marlin.

BACA JUGA:   Batam dan Tanjungpinang PPKM Darurat, Mulai Berlaku 12 Juli

Marlin berharap pelaksanaan vaksinasi dosis II bisa terus dikejar dalam rangka menyambut pembelajaran tatap muka di Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam.

“Minggu depan Pemerintah Kota Batam akan menyegerakan sekolah tatap muka, tapi dengan syarat mudah-mudahan anak-anak yang sekolah bisa mendapat vaksin dosis kedua,” ucapnya.

Ia pun mengungkapkan capaian vaksinasi di Provinsi Kepri saat ini masih timpang antara dosis I dan dosis II sehingga akan dikejar agar seimbang.

Dengan masih adanya ketimpangan capaian vaksinasi tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri baru akan resmi membuka sekolah tatap muka pada (1/10/2021) mendatang.

BACA JUGA:   Lagi dan Lagi, Pengungsi Afganistan di Batam Unjuk Rasa Minta Dipindahkan ke Negara Ketiga

Ditempat yang sama, Kepala Binda Kepri, Brigjen Pol Riza Celvian Gumay, melalui Kabagops Binda Kepri, Kolonel Chb. Komara Manurung mengatakan, jumlah peserta vaksinasi lanjutan yang diselenggarakan ini ditargetkan mencapai 5.100 pelajar. Pelajar tersebut sebelumnya telah mendapatkan vaksinasi dosis I pada (20/8/2021) lalu.

“Dengan komitmen Binda Kepri untuk mendukung program Pemerintah dalam menggencarkan pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar, diharapkan seluruh pelajar di Kepri bisa mendapat kemudahan vaksinasi karena para pelajar merupakan aset bangsa,” ujar Komara.

Sejak Juli 2021, Binda Kepri telah melaksanakan sejumlah tahapan vaksinasi untuk para pelajar dan santri di Kota Batam dan Tanjungpinang, dengan total peserta sebanyak 21.716 orang.

BACA JUGA:   Rudi Umumkan RS Rujukan untuk Pasien COVID-19 di Batam Penuh

“Kami terus bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kabupaten atau Kota, TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan agar capaian vaksinasi di Provinsi Kepri segera mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Hingga (17/9/2021), tercatat capaian vaksinasi dosis I bagi pelajar di Provinsi Kepri sudah mencapai 161.745 orang atau 77,89 persen. Sedangkan vaksinasi lanjutan (dosis II) baru mencapai 65.016 orang atau 31,31 persen. (yog)