Selama Pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan Banjir Aduan

Logo BPJS Ketenagakerjaan. Foto : internet

Bataminfo.co.id, Jakarta – Selama pandemi covid-19, BPJS Ketenagakerjaan mencatat lonjakan pengaduan, baik melalui layanan fisik maupun daring.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif mengaku selama 43 tahun berdirinya lembaga jaminan sosial itu, baru tahun ini ia melihat keterlibatan tinggi dari masyarakat.

Pasalnya, menurut Khrisna, biasanya yang berhubungan langsung dengan BPJS Ketenagakerjaan adalah divisi sumber daya manusia (HRD) perusahaan, bukan pekerja langsung.

BACA JUGA:   Pjs Gubernur Dukung Investasi Berkembang di Kepri

“Setahun terakhir, gara-gara pandemi kami enggak pernah menyangka jumlah pelayanan meningkat tajam sehari bisa sampai 15 ribu (pengaduan),” katanya dalam webinar bertajuk Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Ekselen di Era Digital, Selasa (10/11).

Ia mengungkapkan rata-rata setiap kantor cabang menerima sekitar 150-200 pengaduan per hari. Pasalnya, pengaduan fisik (onsite) masih digandrungi oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BACA JUGA:   1,7 Juta Pekerja Gagal Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan

Dari persentasenya, sekitar 44,2 persen pelayanan masih berlangsung di kantor cabang. Sementara, untuk pelayanan daring sebesar 55,8 persen.

Selanjutnya, untuk aduan telepon ke call center 175, rata-rata telepon masuk per bulan sejumlah 80 ribu.

BACA JUGA:   Koramil 02/ Batam Barat Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

Mayoritas pengaduan, lanjut dia, adalah permintaan informasi atau 52 persen dari total jumlah komunikasi masuk. Diikuti oleh pengaduan pelayanan sebesar 46 persen, lalu kritik dan saran.

Sumber : cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *