Mega Mall Tutup, Pusat Perbelanjaan Lain di Batam Menyusul?

Pusat Perbelanjaan Mega Mall di Batam Centre. Foto : istimewa

Bataminfo.co.id, Batam – Pusat perbelanjaan di Kota Batam mulai memilih tutup sementara di tengah pandemi virus Corona. Selain karena sepi, para pengelola mal merespons imbauan pemerintah untuk mencegah rantai penyebaran semakin masif.

Terbaru, Senin 4 Mei 2020, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Batam, yakni Mega Mall di kawasan Batam Centre mengumumkan penutupan operasinya.

“Mega Mall Batam Center akan melakukan penutupan sementara dari tanggal 04-10 Mei 2020,” unggah pihak management mall di akun instagramnya, Minggu (3/5/2020).

BACA JUGA:   PT Dehong Paper Industrial Ludes Dilahap Si Jago Merah

Meski demikian pihak mall mengumumkan beberapa toko seperti supermarket, apotek, toko makanan dan ATM di area mal tetap buka.

“Kami berharap adanya kebijakan ini dapat membantu Pemerintah Kota Batam untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga Pandemi bisa berakhir dan kondisi Indonesia khususnya Batam dapat kembali seperti semula,” tulisnya lagi.

Sinyal penutupan ini sebenarnya sudah mulai terlihat beberapa minggu belakangan, dimulai lebih dulu dengan tutupnya gerai pakaian, souvenir, hingga permaianan anak-anak.

Pantauan Bataminfo di pusat perbelanjaan terbesar lainya, Batam City Square (BCS), tampak situasi mal juga begitu lengang, hanya satu-dua pengunjung tampak lalu lalang.

BACA JUGA:   Gara-gara Status WA, Pelaku Bullying Viral di Batam Aniaya Korban

Disana kini saat memasuki mal pun tak dapat lagi sembarangan. Ada aturan khusus yang diterapkan. Baik pengunjung maupun pemilik tenant wajib mengenakan masker.

Albert, salah satu pemiliki tenant barang-barang elektronik mengatakan, kondisi ini mencekik sebab pendapatannya menurun drastis sedangkan sewa tetap. Omset jatuh lebih dari 50 persen.

“Omset jatuh dan auran mulai ketat sekarang. Bahkan semua wajib pakai masker masuk mal. Kalau tidak ada pasti disuruh pulang sama sekuriti. Tidak ada toleransi lagi,” kata Albert.

BACA JUGA:   Warga Berkerumun di Mega Mall, Berharap Bisa Divaksin

Selain itu kata dia, jam operasional mal juga telah dibatasi. Kini buka mulai dari pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB. Gerai-gerai lebih banyak yang memilih tutup lebih cepat.

“Sekarang buka lebih lama dan tutupnya lebih cepat. Semoga bisa kembali normal deh harapannya itu aja. Saya dengar mal lain ada yang tutup sementara, semoga disini enggak,” kata dia. (nio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *