Ini Jenis Vitamin yang Bisa Dikonsumsi Agar Terhindar dari Covid-19

Ilustrasi Vitamin

Bataminfo.co.id – Mengkonsumsi vitamin juga perlu selain menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas di tengah pandemi seperti saat ini.

Vitamin yang dibutuhkan ini banyak jenisnya dan mudah didapatkan. Tetapi selain vitamin, makanan yang sehat dan bergizi juga dibutuhkan agar tubuh lebih kuat untuk menangkal segala jenis virus maupun penyakit.

Berikut jenis-jenis vitamin agar terhindar dari Covid-19 yang dirangkum dari Medicinenet.

1. Vitamin C

Pertama, vitamin agar terhindar dari COVID-19 adalah vitamin C. Selain mencegah infeksi virus Corona, vitamin ini berguna untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

BACA JUGA:   141 Bapaslon Pilkada Langgar Aturan Protokol Kesehatan

Vitamin C ini mengandung antioksidan yang bisa menurunkan risiko peradangan paru-paru akibat COVID-19. Biasanya vitamin ini ditemukan secara alami pada jeruk, stroberi, pepaya, paprika merah, dan juga bayam.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 ternyata juga bisa membantu tubuh terhindar dari virus COVID-19. Ini bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, yang bisa didapatkan dari ayam atau sayur-sayuran hijau seperti buncis.

3. Vitamin D

Vitamin D ternyata juga bisa membantu tubuh untuk terhindar dari virus Corona. Ini bisa membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah yang bisa diperoleh dari paparan sinar matahari.

Hasil studi klinis yang dipublikasi di Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics, vitamin D juga bisa melindungi tubuh dari infeksi pada saluran pernapasan. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengkonsumsi ikan tuna, salmon, dan susu kedelai.

BACA JUGA:   Kasus Aktif Covid-19 Meningkat, Pemko Batam Didukung Penuh Perketat Protkes

4. Seng

Vitamin agar terhindar dari COVID-19 selanjutnya adalah seng atau zinc. Ini bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Vitamin satu ini bisa didapatkan dengan pada asupan nabati dan hewani. Pada asupan nabati seperti pada yogurt, buncis, dan kacang panggang. Sementara pada hewani, yaitu pada kerang, tiram, dan juga kepiting.

5. Vitamin A

Vitamin agar terhindar dari COVID-19 lainnya adalah vitamin A. Jenis vitamin ini berfungsi sebagai penangkal infeksi yang terdapat pada makanan-makanan hewani, seperti ikan, daging, dan produk susu. Selain itu, vitamin ini juga ada pada wortel, labu, serta ubi jalar.

BACA JUGA:   Petugas Upacara HUT RI ke 75 Kota Batam Rapid Test

6. Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh melawan infeksi. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang hazel, almond, dan biji bunga matahari.

7. Selenium

Selanjutnya, vitamin agar terhindar dari COVID-19 adalah selenium. Vitamin ini memiliki efek yang kuat agar sistem kekebalan tubuh bisa mencegah infeksi. Untuk mendapatkan vitamin selenium ini, bisa dengan mengkonsumsi daging merah, daging unggas, dan makanan laut seperti ikan tuna dan sarden. (*)

Sumber : Detikcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *