Batam  

Bertambah 2, Pasien Positif Corona di Batam Berjumlah 44 Orang

Ilustrasi virus Corona. Foto : antara

Bataminfo.co.id, Batam – Pemerintah kembali merilis tambahan dua pasien baru positif terpapar virus corona di Kota Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam.

Ketua Gugus Tugas Covid-19, Muhammad Rudi mengatakan, kedua pasien tersebut berdasarkan hasil screning dan tracing merupakan closes contact dari terkonfirmasi positif nomor 35 yang telah meninggal dunia dan kasus baru yang masih dalam proses tracing dan penyelidikan epidemiologi.

“Terkonfirmasi Covid-19 pada kasus ini merupakan warga Batam Kecamatan Bengkong yang salah satunya merupakan tetangga dari kasus terkonfirmasi nomor 35 maupun keluarganya,” kata Rudi yang juga selaku Wali Kota Batam, Selasa (12/05/2020).

Rudi mengungkapkan, keduanya masing-masing berjenis kelamim laki-laki dan perempuan. Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 sebagai kasus nomor 43 dan 44 di Kota Batam.

Pasien laki – laki berinisial SR, berusia 57 Tahun, karyawan Perusahaan Swasta di Batu Ampar, yang beralamat di kawasan perumahan Bengkong, Kelurahan Bengkong Indah, Kecamatan Bengkong.

BACA JUGA:   Wawako Batam Tinjau Belajar Tatap muka di Belakang Padang

Dia adalah kasus Nomor 43. Sebelumnya anak pasien telah lebih dulu menjalani isolasi di RS Galang, sehubungan berdasarkan hasil pemeriksaan RDT anaknya selaku ASN pada Instansi Vertikal Provinsi Kepulauan Riau di Kawasan Batam Centre pada 23 April 2020 yang dinyatakan “Reaktif”

“Yang bersangkutan berjumpa dengan anaknya tersebut pada saat menitipkan cucunya menjelang masuk karantina di RSKI Covid-19 Galang. Mengingat kondisi demikian pada tanggal 01 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan di Puskesmas Sei panas dengan hasil dinyatakan “Non Reaktif”,” terang Rudi.

Lanjutnya, aeminggu kemudian setelah itu yang bersangkutan kembali melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya dinyatakan “Reaktif”.

Menindaklanjuti hasil tersebut, pada tanggal 08 Mei 2020 di RS Awal Bros Batam, maka kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya baru diterima pada hari ini, Selasa 12 Mei 2020, dinyatakan Terkonfirmasi “Positif.

“Sedangkan terhadap anaknya telah selesai menjalani karantina di RSKI Covid-19 Galang sehubungan dengan hasil pemeriksaan swab yang dilakukannya sebanyak dua kali dan dinyatakan Terkonfirmasi “negatif”, namun demikian tim medis tetap menjadwalkan kembali pemeriksaan swab berikutnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Terima Kunker Dari Itkoopsau I, Lanud Hang Nadim Diharapkan Tetap Wujudkan 2K3E

Selanjutnya pasien nomor 44 merupakan Ibur Rumah Tangga berinisial AM, usia 590 tahun. Kata Rudi, dia juga beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong.

“Yang bersangkutan bersama seorang cucunya pada tanggal 07 Mei 2020 melakukan RDT di Masjid A-F dengan hasil “Reaktif”. Hal ini berkaitan dengan hasil RDT menantunya pada tanggal 06 Mei 2020 dengan hasil “Reaktif” yang memiliki kontak dengan kasus nomor 35 dan saat ini sedang dalam karantina di Rusun Tanjung Uncang,” jelas Rudi.

Kemudian pada tanggal 08 Mei 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam yang bersangkutan bersama cucu dan menantunya melakukan pemeriksaan swab
tenggorokan yang hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan Terkonfirmasi “Positif”.

Sedangkan hasil pemeriksaan swab cucu dan menantunya terkonfirmasi “Negatif”
Sejauh ini kondisi yang bersangkutan cukup stabil dan tidak pernah merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang dilakukan proses persiapan untuk melakukan perawatan isolasi guna penanganan kesehatan lebih lanjut di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

BACA JUGA:   Safari Ramadan, Rudi Paparkan Rencana Pembangunan Nongsa

“Sehubungan dengan kasus terbaru dan kasus sebelumnya yang semakin berkembang, maka saat ini tim surveilans Dan Epidemiologi masih terus bergerak melakukan proses contact tracing dan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak terhadap kasus – kasus terkonfirmasi tersebut,” paparnya.

Tidak bosan Rudi mengingatkan dan menghimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *