Plt Gubernur Marlin Agustina Apresiasi Peran Kader Posyandu di Kepulauan Riau

Bataminfo.co.id, Batam – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina mengapresiasi peran kader posyandu sebagai mitra pemerintah dalam sektor kesehatan.

Menurut Marlin, kader posyandu di seluruh kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Riau berperan penting sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat.

Tidak hanya dalam perencanaan dan pelaksanaan, lanjut Marlin, kader posyandu juga memiliki tugas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di kelurahan.

BACA JUGA:   Ferdy Sambo Dipecat dari Anggota Polri

“”Posyandu merupakan mitra pemerintah dalam melaksanakan pelayanan di bidang kesehatan dan layanan sosial dasar lainnya. Ini yang patut kita apresiasi bersama,” ujarnya saat menghadiri orientasi peningkatan kapasitas seluruh kader posyandu se-Kabupaten Tanjungbalai Karimun, di Gedung Nasional, Jumat (18/10/2024).

Marlin mengatakan, Provinsi Kepulauan Riau terdapat 1.506 posyandu yang menjadi garda terdepan dalam kesehatan dasar di masyarakat. Dimana, 230 di antaranya berada di Kabupaten Tanjungbalai Karimun.

BACA JUGA:   Masyarakat Tanjungpinang Diperkirakan Dapat Menikmati SWRO Tahun 2024

“Keseluruhan posyandu ini menjadi ujung tombak pencapaian berbagai program kesehatan di Provinsi Kepri. Upaya optimalisasi peningkatan kesehatan ibu dan anak dapat dilaksanakan secara merata apabila sistem pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” tegas Marlin.

BACA JUGA:   Kembali Menyambangi Kavling Lama Batu Aji, Ansar Sampaikan Program Strategis

Untuk itu, Marlin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan prestasi seluruh kader posyandu di Kepri selama ini.

“Kegiatan ini menjadi salah satu upaya kita peningkatan kompetensi kader terkait pengelolaan posyandu demi meningkatnya kualitas posyandu Kabupaten Karimun. Semoga kegiatan ini dapat memperkuat kapasitas kader dalam mengemban tugas mulia ini,” tutupnya. (*)