Bataminfo.co.id, Batam – Tingkatkan pelayanan, PT Pelni Cabang Batam kini kembali memberikan kemudahan bagi para calon penumpang kapal.
Kemudahan tersebut yakni layanan check-in yang kini disediakan secara mandiri yang dapat dilakukan oleh para penumpang melalui aplikasi Pelni Mobile yang telah disediakan.
Kepala Cabang (Kacab) Pelni Batam, Edwin Kurniansyah pada Jumat 28 Februari 2025 kemarin menyebut, kebijakan dari pihaknya ini bertujuan untuk meminimalisir lonjakan antrean di loket tiket.
“Banyak yang sudah kami perbaiki seperti pelayanan bagasi, check-in, sehingga itu dapat lebih mudah. Sehingga tak merepotkan para pengguna jasa PT Pelni. Kami juga baru munculkan cek in online yang memberikan kemudahan bagi teman- teman, terutama pada saat kegiatan angkutan lebaran,” terang Edwin kepada sejumlah awak media saat jumpa pers di Kantor Pelni Cabang Batam, Sekupang.
Ia juga menjelaskan bahwa, untuk check-in yang dilakukan oleh calon penumpang nantinya baru bisa di screenshot (SS) bila sudah tiba di tempat tujuan. Kata dia, pihaknya juga bakal menyiapkan petugas khusus untuk verifikasi tiket penumpang.
“Penumpang bisa check-in di Pelni Mobile .
Cuman di Pelni Mobile ini tak bisa di Screen shot. Itu karena agar tidak bisa di alih tangankan. Tapi nanti bisa di screenshot ketika sudah sampai ke Pelabuhan tujuan. Saat berangkat memang belum bisa. Tetap nanti di Pelabuhan kita sesuaikan. Check-in online dan biasa sama aja. Nanti ada petugas kita yang verifikasi boarding pass nama dan tanda pengenal,” jelasnya.
Kendati dengan adanya kemudahan ini, pihaknya juga tetap memberikan pelayanan bagi para pengguna jasa yang ingin membeli tiket secara manual.
Kata Dia, langsung ke selain loket cabang PT Pelni dan akses online, penumpang juga kini dapat memesan atau membeli tiket kapal melalui sejumlah platform yang menjadi saluran resmi penjualan tiket kapal Pelni, seperti;
Website Resmi www.pelni.co.id, Pelni Contac Center, BNI agen46, Livin Mandiri, BCA, Alfamart, Indomaret, OMI, Via, easybook.com, Ata Tour, Toko Modern FASTPAY, Topindoku, PT Darmawisata Indonesia, MMBC, Versa Technology atau melalui pesan WhatsApp (WA) 0811 1621 162 atau dapat juga melalui Travel Agent Resmi Pelni di bit.ly/DaftarAgenPenjualanPELNI.
“Kita tetap melayani untuk pembelian tiket secara manual. Namun, untuk pembelian tiket online melalui Pelni Mobile, yang biasa, sekarang sudah bisa beli dari livin by mandiri. Untuk cek in online itu bisa dilakukan paling lambat 30 menit sebelum kebersngkatan,” ucapnya.
*Kemudahan Lain PT Pelni Cabang Batam*
Selain kemudahan pembelian tiket online, Pelni Batam juga kini telah menyediakan kemudahan lainnya seperti seawifi yang dapat diakses oleh para penumpang saat menggunakan jasa pelni.
Penumpang sudah bisa menikmati internet dengan hanya 30 ribu rupiah untuk 8 Mbps selama 4 jam atau 40 ribu rupiah untuk 6 Mbps selama 6 jam atau 50 ribu rupiah untuk 6 Mbps untuk 12 jam. Para penumpang hanya akan dikenai biaya admin sebesar Rp. 5.000 jika membeli melalui Via Sagara Mart.
Edwin mengatakan, kebijakan tersebut diterapkan demi memudahkan penumpang serta memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa Pelni. (Non/BI)











