Bataminfo.co.id, Batam – Pipa milik Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam di Jalan Gajah Mada, Tiban Southlink, bocor. Akibat kebocoran ini, distribusi air di kawasan Tiban dan sekitarnya terganggu, Kamis (6/5/2021).
Informasi di lapangan, bocornya pipa SPAM Batam ini dikarenakan ditabrak alat berat yang sedang mengerjakan pelebaran jalan. Sebelumnya pengelola SPAM Batam juga telah memberi tahu kepada kontraktor pengerjaan pelebaran jalan bahwa ada pipa di kawasan tersebut.
Pantauan di lapangan, sejumlah pekerjaan terlihat sedang membongkar semen yang mengikat pipa air SPAM Batam guna dilakukan perbaikan.
“Sebelumnya sudah kita kasih tau kalau disini ada pipa SPAM Batam yang mengalirkan air ke daerah Tiban dan sekitarnya. Ini akan kami bongkar dan kami kerjakan secepatnya,” ujar Edo, salah satu pekerja yang ditemui di lokasi.
Salah seorang warga Tiban, Ridho mengeluhkan matinya aliran air di kediamannya. Ia pun mempertanyakan kapan aliran air kembali normal.
“Dari jam 16.30 WIB mati sampai malam masih belum hidup. Macam mana kami mau mandi, BAB kalau tak ada air,” ucapnya.
SPAM Batam menyampaikan permohonan maaf atas Gangguan Pelayanan Suplai air bersih terhenti untuk sementara waktu.
Hal ini terjadi akibat pekerjaan perbaikan kebocoran pipa DN 400 mm berlokasi di Jalur Sei Ladi Tiban sebagai dampak dari proyek pelebaran jalan dinas terkait. Adapun pekerjaan tersebut akan berlangsung pada:
Kamis, 06 Mei 2021 pukul 21: 00 s/d selesai. Area terdampak meliputi Tiban Kampung , Tiban BTN, Tiban Mas, Taman Sari Hijau, Tiban Makmur, Green Summit,
Puri Malaka, GPI , Cipta Land, dsk.
Setelah pekerjaan perbaikan kebocoran pipa tersebut selesai, maka tekanan air di rumah pelanggan akan bertahap normal kembali.
SPAM Batam juga akan menyiagakan mobil tangki air dengan dikoordinir oleh RT/RW/Kelurahan setempat dan menyampaikannya melalui Layanan Call Center 24 Jam SPAM Batam di nomor 150 155
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi saluran resmi informasi ke pelanggan melalui Call Center SPAM Batam 24 jam dan Media Sosial Resmi Perusahaan dengan menyebutkan identitas pelanggan secara lengkap. (pai)