Bataminfo.co.id, Batam – PT Pelni Cabang Batam bakal memberlakukan penyesuaian tarif penumpang di Kapal Penumpang dan Kapal perintis (Persero) per 01 Juli 2023 mendatang.
Penyesuaian tarif tersebut diketahui merupakan kebijakan dari Kementrian Perhubungan. Hal itu disampaikan secara langsung oleh Kepala Cabang (Kacab) Pelni Batam, Teuku Muhammad Iqbal Rama kepada sejumlah awak media dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Pelni Cabang Batam pada Kamis, (22/06/2023).
“Hari ini kami akan menyampaikan bahwa, penyesuaian tarif penumpang di kapal penumpang dan kapal perintis sudah akan mulai per tanggal 1 juli 2023. Sehingga, harga di sistem akan disesuaikan dengan yang telah ditetapkan oleh Kementrian. Hal ini kita juga sudah sosialisaikan kepada masyarakat melalui spanduk. Kami juga mohon kepada rekan-rekan media untuk bantu mensosialisasikan agar tidak ada peryanyaan dari penumpang nantinya,” kata Teuku.
Teuku mengatakan bahwa kebijakan ini bukan dari pihaknya melainkan dari kementrian perhubungan dengan mempertimbangkan kenaikan inflasi saat ini. Meski begitu, kata dia mereka akan tetap mengupayakan dan atau memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang kapal.
“Yang akan naik itu sekitar 23 persen yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan. Jadi ini bukan kebijakan pelni. Kenaikan tarif karna inflasi, sehingga itu mungkin kebijakan dari Kementrian Perhubungan untuk mengeluarkan tarif yang baru. Bukan menaikkan, tetapi penyesuaian. Tarif ini sudah termasuk penyediaan makan dan air. Belum termasuk biaya asuransinya. 23 persen dari tarif dasar itu untuk semuanya. Tarif dikeluarkan oleh Kementrian perhubungan. PT Pelni hanya sebagai operatornya. Ketentuan masih sama untuk tarif dewasa dan bayi. Anak kecil di atas 2 tahun sudah dikenakan tarif dewasa,” jelasnya.
Bahkan menariknya lagi, Teuku menyebut bahwa untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang kapal, pihaknya juga telah memperbarui hampir semua fasilitas yang ada di kapal mereka, termasuk saat mengambil makanan kini penumpang tak lagi mengantri karena makanan akan diantar langsung oleh petugas.
“Peningkatan layanan sudah diperbaharui semua. Khususnya di Batu Ampar sudah kita sulap untuk bisa digunakan. Kita sudah perbaiki pelan-pelan agar tidak menumpuk supaya tak antrian. Fasilitas kita disini juga ada poli clinik, ada juga rumah ibadah, fasilitas toilet, kemudian pantri. Sekarang kita juga sudah ada satelit jadi jaringan udah 4G. Dan sekarang, layanan kapal tiket
semua sudah terdaftar untuk dijadikan e-tiket. Seperti; keselamatan, kemaanan, kehandalan, kenyamanan, kemudahan dan
kesetaraan,” paparnya.
Sebagai informasi untuk diketahui, bagi penumpang yang ingin mendapatkan detail informasi terkait jadwal kapal penumpang dan lainnya, dapat mengunjungi website resmi Pelni Batam. Untuk pembayarannya, masyarakat (calon penumpang) juga bisa menghubungi melalui kontak person atau call center pelni Batam. Selain itu, terkait pembayaran, penumpang juga sudah boleh melakukannya melalui alva mart dan indomart terdekat. (Non/BI)