Batam  

Hari Pertama Coklit Oleh KPU Batam Dan Pelantikan Pantarlih

Bataminfo.co.id ,Batam-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam memulai pelantikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di berbagai kecamatan di Batam, Kepulauan Riau.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari pelantikan, apel siaga, apel persiapan, Bimbingan Teknis (Bimtek), hingga pelaksanaan Coklit,” kata Ketua KPU Batam, Mawardi, pada Senin, 24 Juni 2024.

BACA JUGA:   Rudi Ajak Pemuka Agama Edukasi Warga

Coklit kali ini menggunakan sistem informasi elektronik E-Coklit, sehingga sangat penting bagi petugas Pantarlih untuk memahami mekanisme penggunaannya.

“Di Batam, sebanyak 3.403 Pantarlih telah direkrut, dengan beberapa di antaranya telah dilantik oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Batu Aji dan Belakang Padang, disaksikan oleh Anggota KPU Kepulauan Riau, Bapak Priyo,” tambahnya.

BACA JUGA:   Kapal Nesun Lima Terbakar di Galangan Kapal Bandar Abadi Shipyard

Pelantikan akan berlanjut ke kecamatan lainnya mulai hari ini. Petugas Coklit yang telah dilantik akan segera mulai melakukan pendataan data pemilih.

“Kami akan terus memantau perkembangan proses Coklit ini,” ungkapnya.

Mawardi berharap agar beberapa kekurangan dalam proses Coklit pada Pilkada sebelumnya dapat dievaluasi dan diperbaiki dalam pelaksanaan kali ini.

BACA JUGA:   Jelang New Normal Kasus Baru di Batam Meningkat, Sepekan Puluhan Pasien Positif

Pada hari pertama, petugas ditugaskan untuk mendata sejumlah tokoh masyarakat, organisasi, agama, dan pejabat publik sebanyak lima orang.

“Pendataan akan disesuaikan dengan wilayah domisili tokoh yang telah kami identifikasi dan di kordinasi, “ tutupnya.(Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *