Site icon BatamInfo.co.id

Menhub Tekankan Pelaksanaan Rapid Antigen Bagi PMI, Pebrialin : Kami Sudah Mulai Dari Kemarin

Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Pebrialin. Foto : Bora/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Kementerian Perhubungan (Menhub) RI melakukan peninjauan terhadap tempat karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Rusun Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Sagulung, kota Batam, Kamis (16/9/2021).

Pada Kunjungan tersebut, Budi Karya Sumadi beserta rombongan melihat langsung kondisi penanganan PMI yang sedang melalui masa karantina sebelum di pulangkan pada daerah asalnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Pebrialin memberikan apresiasi sebesar-besarnya aas kedatangan Menhub pada lokasi karantina tersebut.

“Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dan Alhamdulillah tadi juga sudah dikunjungi oleh pak Menhub melihat secara langsung tentang kondisi bagaimana penanganan PMI khususnya dalam masa karantina bagi PMI yang akan pulang ke daerahnya masing-masing,” ucap Pebrialin ketika diwawancarai awak media usai Menhub RI meninjau lokasi tersebut.

Dirinya menyampaikan, Adapun hal yang ditekankan oleh Menhub RI dalam tinjauannya yakni pentingnya pelaksanaan tes antigen untuk dapat secara langsung Memisahkan PMI yang reaktif untuk kemudian diberangkatkan ke RSKI Galang Batam.

“PMI menunggu hasil PCR itu lama untuk bisa masuk ke tempat karantina. Jadi beliau menyampaikan perlu dilakukan rapid antigen sehingga bisa diketahui jika PMI disinyalir positif atau reaktif itu langsung di pisahkan dan diberangkatkan ke RSKI Galang,” terangnya.

Pebrialin menjabarkan, butuh waktu 24 jam untuk mengetahui hasil tes antigen, Sehingga hal tersebut merupakan perlu dilakukan untuk menyaring para PMI yang datang ke Batam.

“Saat pemulangan mereka berkumpul dalam satu bus jadi jika tidak diketahui di dalam itu apakah ada yang positif dan negatif. Salah satu langkah yang diambil itu rapid antigen untuk awal ini, jadi ketika diketahui rapid langsung dipisahkan,” jelasnya.

Pelaksanaan Rapid Antigen tersebut telah dilakukan pihaknya sejak kemarin, dan akan berlaku terus kedepannya sesuai dengan arahan Menhub RI. (Bora)

Exit mobile version