Site icon BatamInfo.co.id

PMI Batam Layani Donor Plasma Konvalanse Penyintas Covid-19

Kepala Unit Donor Darah Se-Kota Batam, Dr. Novia. Foto ; istimewa

Bataminfo.co.id, Batam – Palang Merah Indonesia (PMI) Batam Provinsi Kepulauan Riau mulai melayani donor plasma konvalesen atau plasma darah bagi penyintas Covid-19.

Kepala Unit Donor Darah Se-Kota Batam, Dr. Novia menyebutkan, pelayanan donor plasma konvalesen diberikan pihaknya seiring dengan dilakukannya pencanangan gerakan Nasional Pendonor Darah Plasma Konvalesen oleh PMI pusat dan Pemerintah Indonesia.

“Tujuan kita dalam pembuatan Plasma Konvalesen ini untuk membantu masyarakat atau pasien yang di rawat dirumah sakit yang ter infeksi Covid-19”, ujar Novia Senin (25/1/2021).

Ia menjelaskan, Plasma Konvalense tersebut adalah terapi penunjang untuk covid-19 dan menambahkan imun tubuh dan sama halnya seperti Imunisasi pada umumnya.

“Plasma ini semacam terapi penunjang dan bukan terapi utama bagi pasien yang terkena covid-19 dengan cara di ambil darahnya dan yang di ambil hanya plasmanya saja kemudian sisa darah merahnya akan kembali ke tubuh dengan cara Aperesis”, jelasnya.

Ia juga menambahkan, sebelum pengambilan darah, pasien akan di Skrining terlebih dahulu.

“Sebelum pengambilan darah, kita lakukan Skrining di awal dan tidak langsung kita ambil darahnya, dan akan kita chek anti bodynya berapa kira-kira mencukupi atau tidak dan harus melewati pemeriksaan penyakit menular kemudian akan kita kirimkan ke jakarta”, ucapnya.

Ia berharap dengan program PMI saat ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan donoran darah sehingga mengurangi kekurangan darah di Rumah-rumah Sakit. (Pai)

Exit mobile version