Site icon BatamInfo.co.id

Jembatan Batam – Bintan Sepanjang 14 Km Mulai Dikerjakan Tahun 2021

Gambar Jembatan Batam - Bintan yang rencananya mulai dikerjakan di tahun 2022. Foto : istimewa

Bataminfo.co.id, Bintan – Proyek Jembatan Batam – Bintang (Babin) sepanjang 14 kilometer yang merupakan program Presiden Joko Widodo, mulai dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di tahun 2021.

Pembangunan Jembatan Batam Bintan masuk dalam Major Project RPJMN 2020-2024. Proyek Jembatan Batam-Bintan diperkirakan akan membentang 14,75 Km dengan anggaran Rp 8,62 triliun.

Proyek ini memang baru akan dibangun pada awal 2021, tapi lokasinya sudah ditetapkan setidaknya sejak akhir 2019. Gubernur Kepulauan Riau H Isdianto pernah melakukan peninjauan tapak-tapak pembangunan jembatan pada akhir tahun lalu.

Dikutip dari laman Pemprov Kepri, rencana pembangunan Jembatan Batam Bintan sudah diutarakan Presiden Jokowi April 2019.

Lokasi kaki jembatan sudah ditetapkan antara lain, tapak pertama di Kawasan Kabil, lokasinya masuk sebelum TPA Punggur ke arah sejumlah kawasan industri. Selain itu di Tanjungsauh inilah landing point atau tapak kedua penghubung jembatan akan dipancang.

Selain itu ada Di Pulau Buau, akan ada pancang-pancang untuk menyelaraskan elevasi menjelang jembatan sampai di Bintan.

Rute dari Batam menuju Tanjungsauh panjangnya sekitar 2,17 km. Sedangkan bagian kedua, jembatan akan menghubungkan Pulau Tanjungsauh menuju Pulau Buau dengan taksiran panjang mencapai 3,9 km.

Sementara itu, untuk menghubungkan Pulau Buau menuju Kabupaten Bintan akan dibangun pula jembatan bagian tiga dengan panjang mencapai 0,9 km.

Mengenai RT/RW, baik di Provinsi maupun Kabupaten Bintan dan Kota Batam sudah diselaraskan untuk mendukung pembangunan Jembatan Batam Bintan. Integrasi pengembangan wilayah Batam sampai Bintan memang dipertegas pemerintah pusat.

Sumber : cnbcindonesia.com

Exit mobile version