Site icon BatamInfo.co.id

Persiapan New Normal, Polisi Pantau Kepatuhan Warga Batam

Petugas Kepolisian memberikan imbauan kepada masyarakat Kota Batam dalam rangka new normal. Foto : nio/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Kepatuhan warga dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19, merupakan poin utama suksesnya kenormalan baru atau new normal 15 Juni mendatang. Skenario hidup berdamai dengan virus corona ini, dipastikan gagal apabila masyarakat masih berprilaku tak normal dalam fase-fase itu.

Prilaku tidak normal yang dimaksud disini adalah mereka yang tetap beraktivitas di tengah pandemi tanpa mengurangi kontak fisik dan berkerumun. Konsekuensi atas perbuatan itu adalah melambatnya penanganan Covid–19 yang akan berimbas pada masyarakat luas dalam aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri) guna memastikan ketidakpatuhan itu terkontrol menjadi tertib, melalui Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Ops Aman Nusa II Seligi kini kembali gencar melakukan patroli dialogis di sejumlah wilayah yang rawan.

Dalam giatnya petugas kini tidak lagi hanya membubarkan kerumunan saja, melainkan juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masayarakat supaya semakin paham, bagaimana kenormalan baru itu laiknya berjalan dan apa saja dampaknya jika masih ada yang melanggar.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhart menerangkan patroli dialogis ini sebenarnya sudah rutin dilakukan pihaknya salama pandemi. Hanya saya khusus dalam pengawasan dan pengamanan kali, pihaknya juga turut memastilan situasi 15 Juni nanti berjalan sesuai dengan protokol Menteri Kesehatan.

“Dalam kegiatan kali ini Tim Satgas Pencegahan Ops Aman Nusa II Penanggulangan Covid 19 Seligi 2020 juga membagikan digital flyer protokol 8 Langkah sehat keluar rumah & protokol 8 langkah sehat sebelum masuk rumah kepada warga, RW & RT Perumahan juga lewat Group WA tempatan,” kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhart melalui siaran Pers pada, Selasa (02/05/2020).

Harry menuturkan, kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubsatgas Samapta, AKBP Heryanto dan sudah dilakukan dua hari belakangan, sasarannya adalah tempat keramian seperti Pasar, Supermarket, Komplek Pertokoan, Food Court dan Kedai Kopi atau Warung makan, Komplek – komplek Perumahan, Lokasi – lokasi keramaian yang rawan terjadinya Tindak pidana.

Adapun rute patroli dialogis mulai dilakukan pada hari pertama yakni, Senin (01/05/2020) dinihari lalu, dimulai dengan menyisir sejumlah wilayah di Kecamatan Bengkong. Lalu selanjutnya pada hari kedua, Selasa (02/05/2020) hari ini petugas memargetkan menyisir di Kecamatan Sekupang.

“Jika masyarakat tidak mengindahkan dan tidak kooperatif saat di himbau kita tidak akan segan-segan bertindak tegas dan terukur. Ayo sama-sama kita lebih disiplin dalam menerapkan polda hidup yang sehat demi memutus mata rantai Covid-19 di Kepri kita cintai ini” kata dia.

Selanjutnya ia menyampaikan, mepada masyarakat yang berkumpul tim meminta untuk segera membubarkan diri dan tetap dirumah untuk mencegah penyebaran Covid – 19. Selama pelaksanaan kegiatan pemberian himbauan, dan hunting patroli terpantau dikawasan tersebut dalam keadaan sepi, situasi relatif kondusif dan tidak ditemukan intensitas masyarakat yang cukup padat.

Untuk rute hari pertama patroli petugas dimulai dari Perumahan Bengkong Sadai, Golden King Food Court, Holland Bakery Bengkong 2, Pasar Malam Bengkong, Kopi Tiam Potong Lembu Bengkong, Geylang Food Court, Golden Prawn Foodcourt, Pizza Hut Delivery Bengkong, G Coffee Carnival Bengkong, Warung Laguna Coffee Bengkong, Uncle Bean Workshop & Cafe Bengkong, Kapling Bengkong Nusantara, Perumahan Regatta, Perumahan Oriana, Perumahan Cipta Permata Batam, Perumahan Koplek Sei. Nayon, Perumahan Cahaya Garden, Perumahan Kampung Durian, Perumahan Kavling Bengkong Jaya dan Perumahan Oceanic Bliss.

Adapun rute patroli pada malam kedua dimulai dari Perumahan Tiban Mas Residence, Perumahan Taman Asri, Perumahan Tiban Raya, Perumahan Tiban Asri, Perumahan Green Hill Tiban, Perumahan Tiban Indah Permai, Perumahan Sirion Regency, Perumahan Pondok Pelangi, Perumahan Komplek Tiban Global, Perumahan Villa Sampurna 1, Rumah Makan Mie Tarempa Tiban, Pasar Tiban Centre, Wisata Kuliner Tiban Centre, Recheese Factory Tiban, KFC Tiban, Top 100 Tiban, New Sunbread Tiban, 86 Coffee Tiban, Excelso Cafe Tiban dan Holland Bakery Tiban. (nio)

Exit mobile version