Site icon BatamInfo.co.id

Dua Kapal Cargo Kandas di Perairan Sambu Batam Dievakuasi, 46 Kru Kapal Selamat

Kapal Tanker kandas di perain Pulau Sambu, Belakang Padang. Foto : istimewa

Bataminfo.co.id, Batam – Dua kapal kargo mengalami kecelakaan dan kandas saat berlayar melintasi Perairan Batu Berhenti Sambu, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (11/5/2020) dinihari kemarin. Dua kapal itu yaitu, Sharaz berbendera Iran dan MV Samudra Sakti 1 berbendera Indonesia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’min mengatakan, proses evakuasi masih berlangsung hingga, Selasa (12/5/2020) hari ini. Beruntung seluruh kru masing-masing kapal berhasil selamat.

“25 kru kapal Sharaz dan 21 krubkapam MV Samudra Sakti dalam kondisi sehat dan aman,” kata Mu’min, Selasa (12/5/2020) pagi.

Mu’min menerangkan, penyebab kandasnya dua kapal ini masih didalami oleh petugas. Belum diketahui pasti rincian kecelakaan.

Sementara untuk kapal MV Samudra Sakti sudah berhasil dievakuasi dan lolos dari posisi kandasnya. Setelah pemeriksaan dan perbaikan, kapal tujuan Belawan ini diperbolehkan kembali berlayar.

“Kapal MV Samudra Sakti I lego jangkar di Perairan Batu Ampar Batam, dengan POB 21 orang keadaan sehat dan aman terkendali,” jelasnya.

Sedangkan posisi kapal Sharaz masih kandal. Memasuki hari kedua ini, proses evakuasi kapal tujuan Malaysia – China tersebut masih diupayakan oleh tim gabungan.

“Kapal RB 209 telah bergerak menuju lokasi melaksanakn koordinasi bersama Tim SAR Gabungan untuk mendukung persiapan proses evakuasi Crew Kapal Shahraz tersebut yang masih berada pada lokasi kandas,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, dua unit apal cargo ini kandas pada Senin (11/5/2020) sekitar pukul 02.32 WIB. Peristiwa ini diketahui setelah Tim Basarnas menerima Email MPA dari Singapura.

Setelah mendapat informasi tersebut, tim gabungan SAR terdiri dari KSOP Sekupang, Bakamla, Polair Polda Kepri, VTS Batam, dan PLP Tanjung Uban, langsung bergerak menuju lokasi kejadian kecelakaan untuk melakukan pertolongan, sekitar pukul 05.45 WIB.

Dalam proses evakuasi, tim menurunkan alat utama, seperti RIB 03 Batam, KN. Kalimasahada, Kapal Patroli, Peralatan Komunikasi dan Peralatan Medis/Evakuasi. (nio)

Exit mobile version