Site icon BatamInfo.co.id

KPU Kepri Targetkan Coklit Dengan E-Coklit Selesai Kurang dari 20 Hari

Bataminfo.co.id, Batam, 25Juni 2024 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Riau (Kepri) berharap kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih menggunakan sistem informasi elektronik E-Coklit untuk Pilkada serentak 2024 di Kepri dapat selesai dalam 20 hari ke depan. Pelantikan anggota Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang menjadi petugas Coklit serentak dilakukan pada Senin, 24 Juni 2024.

Priyo Handoko, anggota KPU Kepri, menjelaskan bahwa Pantarlih akan bekerja dengan menggunakan dua sistem sekaligus, yaitu pencatatan manual dan aplikasi E-Coklit. “Masing-masing Pantarlih membawa dokumen berisi data pemilih yang mereka konfirmasi secara manual dan hasil Coklitnya dituangkan melalui E-Coklit,” ujarnya.

Model ini sebelumnya telah diterapkan pada Coklit 2023 untuk Pemilu 2024. Pihak KPU akan memastikan dalam dua atau tiga hari ke depan apakah ada kendala yang dihadapi oleh Pantarlih. “Hari ini juga mereka diberi bimbingan teknis (Bimtek) oleh petugas PPK atau PPS dan akan bekerja hingga 24 Juli 2024,” tambah Priyo saat ditemui Bataminfo.co.id

Priyo menyatakan bahwa seluruh anggota KPU Kepri telah membagi tugas untuk memantau proses pelantikan Pantarlih dan Coklit di setiap kabupaten/kota di Kepri. “Saya sendiri memantau di Batam,” katanya. Ia juga menginstruksikan Pantarlih untuk menyelesaikan tugas secepat mungkin, dengan harapan Coklit dapat selesai dalam 20 hari.

Exit mobile version