Site icon BatamInfo.co.id

KRI Lepu-861 Selamatkan 6 ABK KLM. Alinza III Yang Tenggelam di Perairan Tanjung Datu

Keterangan : Personel TNI AL selamatkan 6 orang ABK KLM. Alinza III yang tenggelam di perairan Tanjung Datu, Kepulauan Riau, pada Jumat (12/01). (Dok. TNI AL).

Bataminfo.co.id, Batam – Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Lepu-861 dibawah jajaran Satrol Lantamal IV Batam, yang dipimpin oleh Komandan KRI Lepu – 861, Mayor laut (P) Zul Supri Nazara, berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) KLM. ALINZA III yang tenggelam di perairan Tanjung Datu, Kepulauan Riau (Kepri) pada hari Jumat (12/01).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali melalui Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkan, bahwa ada kapal tenggelam di perairan Tanjung Datu. Setelah menerima informasi tersebut, KRI Lepu-861 segera melaksanakan pencarian dan pertolongan meskipun dengan kondisi cuaca yang berangin dan ombak bergelombang.

“Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KLM. Alinza III yang berjumlah 6 orang berhasil diselamatkan tanpa adanya korban jiwa dan dievakuasi ke pangkalan Lanal Tanjung Balai Karimun guna untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut, sedangkan penyebab tenggelam KLM. Alinza III masih didalami hingga saat ini,” terang Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, pada Sabtu (13/01).

Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto menambahkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran prajurit TNI AL untuk selalu siap dan siaga dalam merespon segala kejadian darurat di tengah masyarakat.

“Instruksi dari Bapak KASAL seluruh prajurit TNI AL harus cepat tanggap, terutama atas kejadian yang terjadi di perairan Nusantara sebagai bentuk pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang merupakan salah satu dari Tugas Pokok TNI Angkatan Laut,” ucap Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto.

Exit mobile version