Site icon BatamInfo.co.id

Wujudkan Pemuda Berkarakter Pemimpin Masa Depan, Dispora Kota Batam Goes to School

Ket Foto: Kedispora Kota Batam, Zulkarnain HN, SST | dok.Non/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Wujudkan Pemuda – pemudi yang berkarakter pemimpin masa depan, Dinas Pemuda dan Olaraga (Dispora) Kota Batam berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda di Kota Batam dengan integritas, keunggulan, dan inovasi melalui upaya akar rumput dan kemitraan masyarakat.

Hal itu bertujuan untuk mengembangkan generasi milineal di Kota Batam yang inovatif, untuk lebih memahami strategi yang digunakan oleh Sekolah dan lingkungan kemasyarakatan untuk mengembangkan generasi muda Kota Batam yang fokus pada inovasi dalam menghadapi Generasi Emas tahun 2045.

Oleh karena itu, kehadiran Dinas Pemuda & Olahraga Kota Batam sangat penting dalam membantu serta mengembangkan potensi Pemuda – pemudi yang inovatif dengan melatih mereka menjadi mandiri, bergerak cepat, dan berguna bagi masyarakat umum

Dispora Kota Batam hadir di setiap sekolah menegah Atas untuk melakukan sosialisasi bersama dengan BNN Kota Batam serta Mitra Dispora lainnya, mengikuti diskusi dan pendalaman karakter Pemuda yang berusia 16 – 30 tahun sesuai dengan peraturan UU nomor 40 tahun 2009 RI.

Hingga saat ini diketahui, tercatat Tujuh Sekolah Menengah Atas yang sudah mendapatkan sosialisasi dari pihaknya. Berdasarkan informasi yang diperoleh Bataminfo.co.id, sekolah berikut yang akan dikunjungi adalah SMA N 4 Batam.

Diketahui, program Walikota Batam dalam pengembangan infrastruktur ini juga bertujuan agar kewirausahaan Pemuda yang digagas Dispora Kota Batam untuk meningkatkan kesadaran berwirausaha dan pengembangan potensi diri lewat metode talent mapping. Selain itu, membangun kesadaran pemuda untuk menyongsong bonus demografi.

Siswa serta Mahasiswa yang mengikuti sosialisasi tersebut akan mendapatkan beberapa materi penting mengenai Public Speaking dan materi awal mula usaha hingga menembus pasar ekspor, minat dan bakat pemuda untuk menentukan bidang yang tepat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Zulkarnain HN, SST mengungkapkan, pihaknya memiliki program sosialisasi terkait Pemuda Pelopor, Pemuda Pejuang, Pemuda Prestasi dan Pemuda Wirausaha yang akan disosialisasikan kepada Anak – anak muda di kota Batam.

Ia berharap, jejaring Dispora Kota Batam dengan institusi sekolah dan perguruan tinggi semakin kuat dan bisa memainkan perannya dengan baik untuk meminimalkan pengangguran.

“Kita berupaya untuk merangkul pemuda agar mereka punya aktivitas yang positif. Kalau mereka sudah punya aktivitas dan penghasilan, saya rasa mereka akan fokus ke sana. Kita akan bina secara mentalitas dan kesadaran supaya pemuda bisa menciptakan lapangan kerja baru,” katanya saat diwawancarai oleh Tim Bataminfo.co.id pada Kamis, Rabu, 11 Oktober 2023.

Zulkarnain menuturkan, pihaknya akan mengupayakan sosialisasi tersebut menjangkau ke semua sekolah tingkat menenga atas serta perguruan tinggi di Kota Batam.

“Seluruh sekolah kalau bisa.
Kami dan bidang Pemuda akan berupaya ke semua sekolah tingkat Atas kemudian baru pindah lagi ke perguruan tinggi di Kota Batam. Karena kita ingin pemuda Kota Batam ini memahami kondisi sekarang yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Batam,” tuturnya. (Non/BI)

Exit mobile version