Site icon BatamInfo.co.id

Pimpin Apel Nasional Gabungan Peringatan 72 Tahun Hari Bhakti Imigrasi, Menkumham Ajak Penegak Hukum Tingkatkan Sinergitas

Menkumham Yassona H Laoly, usai menghadiri apel gabungan peringatan 72 tahun hari Bhakti Imigrasi di Dermaga Bintang 99, Batu Ampar, Rabu (19/1/2022). Foto: Non/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yassona H Laoly menjadi inspektur upacara dalam apel gabungan Peringatan 72 tahun hari Bhakti Imigrasi di Dermaga Bintang 99, Batu Ampar, Rabu (19/1/2022).

Usai memimpin Apel, Menkumham menyapa seluruh hadirin dalam sambutannya. Ia mengungkapkan terimakasih kepada TNI, Polri, Imigrasi dan Instansi terkait lainnya atas kerjasama dan sinergitas yang dijalin dalam menjaga keamanan serta ketertiban seluruh wilayah Indonesia. Ia mengajak seluruh pihak terkait agar menjalin kerjasama dalam menjaga negara Indonesia.

“Saya beserta jajaran Hukum dan HAM menyampaikan terimakasih kepada TNI Polri dan Imigrasi yang telah mendukung. Saya mengajak seluruh instansi terutama imigrasi agar bersama-sama kita menjaga kerjasama dan sinergitas untuk menjaga ketertiban dan pertahanan Negara kita tercinta,” ucapnya.

Dihadapan 26 Instansi yang juga turut hadir dalam Apel Gabungan ini, Yasonna menegaskan kepada pihak penegak hukum serta semua pihak terkait untuk perketat penjagaan di setiap gerbang masuk/keluar terhadap para WNI dan WNA, demi mencegah meningginya angka Covid-19. Terlebih untuk mencegah masuknya varian omicron.

“Kita juga harus lebih bersinergi lagi dalam menjaga pintu keluar dan masuk ke Negeri kita. Terlebih saat ini seperti beberapa waktu lalu terkait kasus PMI. Ini kan dikuatirkan akan membawa virus Omicron ke Negara kita. Sehingga itu harus dicegah. Untuk itu, saya katakan mari kita tingkatkan sinergitas untuk mengatasi semua itu,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, juga sempat dilakukan sebuah prosesi yakni penyerahan hibah tanah yang diserahkan oleh Kepala BP Batam kepada Kepala Kantor Imigrasi Kepas I Khusus TPI Batam.

Sebagaimana yang diketahui, Apel Gabungan ini juga dilakukan secara serentak sejumlah wilayah yakni; Kanwil Kemenkumham Halim-DKI Jakarta, Kanwil Kemenkumham Denpasar-Bali, Kanwil Kemenkumham Palu-Sulawesi, serta Kanwil Kemenkumham Sorong-Papua Barat.

Dalam kesempatan tersebut, dua perwakilan Kanwil Kemenkumham yakni, Bali dan Sorong sempat terhubung secara virtual untuk melakukan dialog singkat bersama Menkumham. Kepada kedua Kanwil ini, Yasonna menyampaikan terimakasih dan menegaskan agar bekerja sesuai dengan standar operasional yang ada, serta tetap bersinergi untuk menjaga keamanan wilayah Indonesia.

“Terimakasih, untuk di Bali agar setiap tamu yang masuk itu betul-betul diperhatikan secara ketat ini butuh sinergitas, bekerja harus sesuai dengan SOP. Jangan mentang-mentang mereka adalah tamu jadi tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, lalu kita biarkan. Di Papua Barat, Terimakasih. Silahkan lanjutkan sinergitas yang sudah ada disana. Dan tetap jalin kerjasama baik dengan Kolonel Laut disana,” pungkasnya.

Dalam acara ini turut hadir Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Jajaran TNI/Polri serta pihak atau instansi penegak hukum lainnya di Kepri berjumlah 172 Orang. (Non)

Exit mobile version