Site icon BatamInfo.co.id

Jadikan Momentum Tahun Baru Islam 1443 H Sebagai Pembangkit Optimisme dan Harapan Hadapi Pandemi Covid-19

Menko Polhukam, Mahfud MD. Foto : Merdeka.com

Bataminfo.co.id – Momentum Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H hendaknya agar dijadikan sebagai pembangkit optimisme dan harapan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, saat mengisi kajian virtual menjelang 1 Muharram pada Selasa (10/8) bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) dan para Dewan Gubernur yang diikuti sekitar 1.000 peserta dari berbagai wilayah dan perwakilan BI di berbagai negara, Senin (9/8).

“Apa yang bisa kita ambil dari peristiwa hijrah Nabi, pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran. Nabi mau dibunuh, dikejar kemana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tapi Nabi Muhammad tetap bersabar. Oleh sebab itu, jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini mari kita pupuk kesabaran,” kata Mahfud.

Mahfud menjelaskan, sabar sekurang-kurangnya ada tiga; pertama sabar terhadap musibah, kedua sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin. Lalu yang ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimis dan tangguh.

“Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tapi sikap pantang menyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Dalam memperkuat argumentasinya, Mahfud mengutip ayat tentang sabar di Surah Al-Baqarah Ayat 249.

“Sekelompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar,” tutupnya. (*)

Exit mobile version