Irjen Pol Yassin Kosasih Meminta Polairud Polda Kepri Tindak Tegas WNA Awak Kapal MT Arman 114 Turun ke Hotel Tanpa Dokumen Keimigrasian

Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol Yassin Kosasih. (Ist)

Bataminfo.co.id – Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol Yassin Kosasih menyoroti peristiwa penurunan sejumlah Warga Negara Asing (WNA) awak kapal MT Arman 114 di hotel Grand Sydney, Batam pada, Jumat, 10 Mei 2024 kemarin. Diketahui WNA itu diinapkan di hotel tanpa kelengkapan dokumen keimigrasian yang melekat.

“Dengan menurunkan awak kapal MT Arman 114 tanpa kelengkapan dokumen keimigrasian itu salah,” ujar Irjen Pol Yassin Kosasih, Sabtu (11/05/2024).

BACA JUGA:   Sesuai Amanat Presiden RI, Kasrem 033/WP: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

“Tindakan ini salah. Apalagi kru kapalnya diambil dan ditaruh di hotel tanpa kantongi dokumen keimigrasian yang menempel di WNA tersebut,” ungkapnya.

Ia kembali menegaskan, kru kapal yang diambil ini tanpa memiliki dokumen keimigrasian (Paspor) karena masih ditahan oleh penyidik Gakkum KLHK.

BACA JUGA:   Kunjungan Ke Kepri, Wakapolri Bakal Gelar Bakti Sosial Hari ini

“Perihal Imigrasi mengatakan bahwa ada pengecualian terhadap kru kapal yang inap di hotel Batam tersebut perlu dipertanyakan? Karena yang diperiksa atau yang diproses hukum itu kan hanya kapten kapal, anak buahnya tidak diperiksa,” bebernya.

Atas peristiwa ini, Irjen Pol Yassin Kosasih dengan tegas meminta untuk Ditpolairud Polda Kepri untuk segera menindak tegas sesuai hukum kepada WNA yang turun dari kapal MT Arman 114 ke Hotel Sydney.

BACA JUGA:   Peduli Sesama, Polsek Belakang Padang Bersama Duta Sosial Belakang Padang Beri Bantuan Sosial Sembako Kepada Masyarakat Membutuhkan

“Saya tegaskan Ditpolairud Polda Kepri untuk mengamankan WNA yang merupakan awak MT Arman 114 yang saat ini turun dari kapal tanpa membawa kelengkapan dokumen keimigrasian,” tegas Kakorpolairud Baharkam Polri.