Cek Pengamanan Pelabuhan Kali Adem dan Tanjung Priok, Kakorpolairud: Berikan Pelayanan Terbaik

 

Bataminfo.co.id, Jakarta- Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Yassin Kosasih, mengecek persiapan pengamanan Operasi Ketupat 2024, terkait Hari Raya IdulFitri 1445 Hijriah, di Pelabuhan Penyeberangan Kali Adem dan Pelabuhan Nusantara Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

Yassin yang didampingi Dirpolair Korpolairud dan Kabag Opsnal & TIK Korpolairud, bertolak dari Mako Korpolairud menuju Pelabuhan Penyeberangan Kali Adem, Muara Angke, menggunakan Kapal Patroli KPC-2005, sekitar pukul 07.00 WIB, Jumat 29 Maret 2024.

BACA JUGA:   Tiga Jemaah Umrah Terpapar Covid-19, Karantina Ditanggung Asuransi

Rombongan yang tiba di Kali Adem sekitar pukul 07.45 WIB, disambut Dirpolairudda Metro Jaya, Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, dan Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke.

Yassin dan pejabat lainnya kemudian langsung melakukan pengecekan keamanan dermaga kapal penyeberangan penumpang. Diketahui, Kali Adem merupakan pelabuhan kapal paling ramai lalu lintasnya yang menuju ke Kepulauan Seribu maupun sebaliknya.

BACA JUGA:   Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI

Selain meninjau fasilitas pelabuhan seperti monitoring cuaca, Yassin juga mengecek kondisi kapal yang akan dioperasionalkan. Tercatat ada 10 kapal yang akan melayani penumpang dengan metode penjualan tiket secara _online_ atau _on the spot_.

“Saya memberikan pengarahan kepada Dirpolair Polda Metro, Polsek Kali Adem, syahbandar, Basarnas, tentang kesiapan pengamanan mudik lebaran agar _zero accident_ dan berikan pelayanan terbaik,” ujar Yassin.

Setelah melakukan pengecekan di Pelabuhan Kali Adem, Yassin bertolak menuju ke Pelabuhan Nusantara Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekitar pukul 08.15 WIB.

BACA JUGA:   Jutaan Pekerja Gagal Dapat Subsidi Gaji Rp 600 Ribu dari Pemerintah

Setibanya, Yassin melaksanakan pengecekan fasilitas pelabuhan seperti konter tiket, _boarding pass_ penumpang yang akan memasuki kapal, konter prioritas untuk ibu hamil, menyusui, orang sakit, manula, dan disabilitas.

Tak hanya itu, Yassin juga meninjau monitoring prakiraan cuaca, mengecek jadwal keberangkatan kapal, dan jumlah penumpang. Termasuk, berdialog dengan beberapa penumpang untuk mengetahui secara langsung bagaimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan petugas.