Kapal Polisi – Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Temukan Jenazah WNA Taiwan Korban Kapal Terbalik di Perairan Pulau Rambut

Bataminfo.co.id , Jakarta-Kepolisian Perairan (Polair) yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban Warga Negara Taiwan yang tenggelam dalam kecelakaan KM Pari Kudus di perairan Pulau Rambut.

Korban berinisial SHI YI (48) ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa mengambang di Dam Barat Luar Pelabuhan Tanjung Priuk.

“Dalam pencarian ini Polair berhasil menemukan satu korban tenggelam di DAM Barat Luar Pelabuhan Tanjung Priuk,” ucap Irjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., M.Tr.Opsla(Kakorpolairud Baharkam Polri).

Diketahui, pada Senin, 11 Maret 2024 KM Pari Kudus membawa 32 penumpang dan 3 ABK dari Asha Resort Pulau Payung Kepulauan Seribu Selatan hendak menuju Pantai Mutiara. Namun saat itu kondisi cuaca buruk, sehingga KM Pari Kudus diterjang ombak tinggi disertai angin kuat. Kecelakaan tak terhindarkan hingga membuat kapal terbalik.

BACA JUGA:   Lion Air Buka Layanan Rapid Test Untuk Penumpang, Biayanya Rp 95 Ribu

Sebanyak 32 orang penumpang terdiri dari 5 warga negara China, 4 warga negara Taiwan, 1 warga negara Korea, dan 22 warga negara Indonesia.

Pada keterangan dari kronologi nya, hari jumat tanggal 15 Maret Kapal Polisi Ditpolair Mabes Polri Kp. SBU – 017 yang bertugas di Perairan Polda Metro Jaya melaksanakan giat SAR Gabungan pencarian korban penumpang KM. Parikudus di Area Pencarian sekitaran selatan Pulau Damar.

BACA JUGA:   Gara - Gara Ganja Drummer Band J-Rocks Ditangkap Polisi

Dan pada pukul 10.00 WIB mendapatkan laporan bahwa terlihat mayat mengapung di Dam Barat luar Pelabuhan Tanjung Priuk dekat mako TNI Angkatan Laut , kemudian Kapal Polisi Ditpolair beserta anggota SAR bergerak merapat ke lokasi penemuan mayat.

Pukul 10.10 WIB, KP. SBU – 017 tiba di lokasi penemuan mayat, kemudian jenazah dievakuasi ke atas KP. SBU – 017, setelah itu Jenazah langsung dibawa ke Pos SAR gabungan di Pantai Mutiara, Jakarta Utara

Setelah melalui pencocokan dan pengecekan jenazah, selanjutnya jenazah diserahkan kepada Tim SAR gabungan dan keluarga untuk memastikan apakah jenazah adalah korban tenggelamnya KM. Parikudus atau bukan.

BACA JUGA:   Raffi Ahmad Minta Maaf Karena Tak Terapkan Protokol Kesehatan Usai Divaksin

Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., M.Tr.Opsla mengatakan “Dalam pencarian korban KM. Pari Kudus terus di maksimalkan oleh tim patroli Polair dan tim SAR gabungan, Adapun personel yang terlibat selain Polair yakni Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Basarnas Pantai Mutiara, Polres Kepulauan Seribu, Pos Airud Untung Jawa, Pos TNI AL, Bakamla dan warga setempat”.