Hadirkan Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana, Kakorpolairud Meminta Jajarannya Lanjutkan Program yang Sentuh Langsung Masyarakat

Bataminfo.co.id ,Jakarta-Berbagai program yang digalang oleh Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Baharkam Polri dan menyentuh sendi kehidupan masyarakat di wilayah pesisir harus terus dilanjutkan dan bahkan menjadi unggulan.

Program-program yang urgen dan terkait erat dengan kehidupan masyarakat maritim itu antara lain Sambang Nusa Presisi, Polisi RW, Kapal Perpustakaan, Klinik Terapung,  dan Program Peduli lingkungan Bersih Sampah di Laut.

Demikian ditegaskan Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Baharkam Polri Irjen Pol M. Yasin Kosasih, S.I.K., M.Si., M.Tr.Opsla saat memimpin kegiatan Paparan Komandan atau “Commander Wish” kepada seluruh personel Korpolairud Baharkam Polri di Aula RP. Soedarsono Markas Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Jakarta, Selasa (16/01/2024).

Pada kegiatan tersebut juga hadir Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu diundang sahabatnya, Irjen Pol M. Yassin Kosasih untuk memberikan suntikan spirit dan motivasi kepada jajarannya.

BACA JUGA:   Dalam Waktu dekat Polisi Olah TKP Kasus Video Mesum Gisel di Medan

Dalam pernyataannya, Kakorpolairud Baharkam Polri sempat menyampaikan riwayat singkat perjalanan kariernya di institusi Polri. Dirinya kemudian menjelaskan sejarah berdirinya Polisi Perairan dan Udara atau biasa yang disingkat Polairud.

Yasin juga menerangkan bahwa dalam menunjang tugas dan tanggung jawab Polairud yang profesional, Korpolairud akan segera mengkaji dan memperbaharui struktur organisasi Korpolairud Baharkam Polri yang mengalami dislokasi.

Tidak kalah penting, Yasin juga mengingatkan seluruh personel Korpolairud Baharkam Polri untuk mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam mengelola Kamtibmas sesuai dengan visi misi Kabaharkam Polri.

”Personel Polairud harus memiliki jati diri Polairud, di antaranya menjunjung hierarki, respek, dan loyal terhadap kesatuan. Kemudian mengedepankan nilai-nilai dalam berkerja  yakni kerja keras, ikhlas, cerdas, kualitas dan tuntas dengan dilandasi iman dan takwa,” ujarnya.

Di sela Commander Wish, Kakorpolairud Baharkam Polri menambahkan makna dari jargon “AIRUD” yang perlu dipedomani seluruh personel dalam melaksanakan tugas. Arti dari jargon atau matra tersebut adalah

BACA JUGA:   Tim Satgassus Merah Putih dan Polda Kalsel Gagalkan Penyelundupan Sabu 200 Kilogram

1. Adab dan akhlak yang baik harus dijunjung tinggi;

2. Individu yang tegas, profesional dan humanis;

3. Rasional dalam mengambil keputusan;

4. Utamakan tugas negara diatas kepentingan pribadi;

5. Dedikasi dan disiplin dalam bekerja.

Komunikasi
Sementara itu, dalam pembekalan kepada semua personel, Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi menjadi prioritas utama untuk memastikan personel dapat berinteraksi secara efektif baik dalam tugas sehari-hari maupun dalam situasi darurat.

“Kemampuan komunikasi yang baik akan mendukung koordinasi antar unit di tengah laut dan udara, kolaborasi dengan instansi terkait, dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Oleh karena itu, pelatihan bagi setiap personel di lingkungan Korpolairud Baharkam Polri harus ditekankan pada pengembangan soft skill, ” kata penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim tersebut.

BACA JUGA:   PDIP Umumkan Cakada 2020, Soerya-Iman Untuk Kepri

Ia mengungkapkan aspek yang mesti ditekankan sebagai bagian dari kompetensi mendasar komunikasi bagi para personel mencakup peningkatan keterampilan berbicara di depan umum, mendengarkan efektif, serta pemahaman komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Selain itu, lanjut motivator ulung ini, personel juga akan diberikan simulasi tugas yang mensimulasikan situasi darurat di tengah laut, di mana komunikasi yang tepat waktu dan jelas menjadi kunci keberhasilan operasi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan responsibilitas dan koordinasi tim dalam setiap tugas yang diemban.

Diharapkan, dengan peningkatan kemampuan komunikasi ini, personel Korpolairud Baharkam Polri dapat lebih efektif melaksanakan tugasnya, baik itu dalam penanggulangan kejahatan di laut, penegakan hukum, maupun operasi penyelamatan. Program ini juga sejalan dengan komitmen Polri untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.(red)