Pasangan Calon Ketua PWI Kepri Saibansah-Parna Serahkan Formulir dan Berkas Pendaftaran

Dok istimewa

Bataminfo.co.id, Batam- Pasangan calon Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Kepri periode 2023-2028 Saibansah Dardani dan Parna Edison Simarmata, telah menyerahkan formulir pendaftaran dan berkas dokumen pribadi mereka kepada Ketua Organizing Committee (OC) Konferprov V PWI Kepri, Dedy Suwadha didampingi Qori Ul Fitra, Jumat (8/12).

Saibansah Dardani mencalonkan diri menjadi Ketua PWI Provinsi Kepri dan Parna Edison Simarmata mencalonkan diri menjadi Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Kepri. Pasangan Saibansah-Parna ini telah melengkapi semua berkas-berkas yang saat ini sedang diproses verifikasi oleh OC Konferprov Kepri.

Usai menerima berkas Saibansah-Parna, Dedy Suwadha mengatakan bahwa, hingga sampai saat ini sudah ada tiga calon yang mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran. “Hari ini panitia Konferprov menerima berkas pendaftaran 3 orang calon Ketua PWI dan 2 orang sebagai Ketua DKP Kepri,” ujar Pemimpin Redaksi WARTAKEPRI.CO.ID itu.

Dedy menyebutkan, tiga calon Ketua PWI Kepri itu yakni Andi, Riadi dan Saibansah Dardani. Sedangkan untuk calon Ketua DKP ialah Ramon Damora dan Parna Edison Simarmata. Penutupan berakhir hari ini, sampai pukul 23.59 WIB. Nah tadi pagi itu, kami menerima berkas calon Ketua PWI Kepri dari pasangan Andi-Ramon yang maju dalam satu paket. Lalu calon Riadi yang menjadi calon tunggal.

BACA JUGA:   Setelah Terdampak Pandemi Covid-19, Wali Kota Sebut Pariwisata Batam Siap Bangkit

“Siangnya itu pasangan Saibansah bersama Parna. Mereka juga sama, maju dalam satu paket. Sementara baru ada 3 paslon,” katanya lagi.

Selain itu, Dedy juga menerangkan bahwa, untuk daftar pemilih hingga sampai saat ini sebanyak 79 orang, berdasarkan data dari dari PWI Pusat. “Pemilih 79 suara, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh PWI pusat. Inilah nanti yang punya hak pilih maupun dipilih,” tutupnya.

Pasangan Saibansah-Parna adalah wartawan senior yang telah lebih dari 10 tahun menjadi pengrusus PWI Provinsi Kepri. Saibansah yang akrab disapa Cak Iban adalah Sekretaris PWI Provinsi Kepri periode 2004-2019. Sedangkan Parna sudah tiga periode menjadi pengurus PWI Kepri.

Tidak hanya itu, Pemimpin Redaksi POJOKBATAM.ID itu juga sudah dua kali mengharumkan nama Provinsi Kepri dengan membawa empat medali di event Porwanas (Pekan Wartawan Nasional) di Bandung Jawa Barat dan Malang.

“Saya terpanggil untuk berkiprah lebih baik lagi untuk PWI Kepri, sebagai anggota dan pengurus PWI Kepri selama 20 tahun saya ingin meninggalkan legacy yang baik untuk para wartawan muda di Provinsi Kepri,” papar Parna yang juga atlet bilyard itu.

BACA JUGA:    Ratusan Karyawan PT Indotirta Suaka Pulau Bulan, Batam datangi Perusahaan usai di PHK secara sepihak

Sementara itu, Sekretaris PWI Provinsi Kepri periode 2004-2019 yang akrab disapa Cak Iban itu menyampaikan visi yang diusung, “Bersama Mengembalikan PWI Kepri Menjadi Organisasi Profesi yang Kompeten dan Profesional”.

Menurut Saibansah, visi tersebut sejalan dengan visi dan misi pengurus PWI Pusat di bawah kepemimpinan Ketua Umum Hendry Ch Bangun yang ingin mengembalikan PWI menjadi organisasi profesi yang fokus pada pendidikan dan meningkatkan profesionalisme anggotanya.

“Selaras dengan komitmen Ketua Umum PWI Pusat, bang Hedry Ch Bangun, jika dipercaya saya akan mengembalikan PWI Kepri menjadi organisasi profesi yang juga fokus pada kegiatan pendidikan dan meningkatkan profesionalisme anggotanya,” ujar Cak Iban.

Tahun ini, perjalanan karir jurnalistik Cak Iban sudah menginjak 30 tahun terus menerus. Mengawali karir jurnalistiknya di Harian Riau Pos Pekanbaru Riau, sejak 1991 sampai 1997. Sebelum kemudian melanjutkan karirnya di Majalah Warta Ekonomi Jakarta pada 1997 sampai 1998. Kemudian, bergabung dengan Majalah Kapital Jakarta pada 1998 sampai 2002.

Dari Jakarta, pada tahun 2002 Cak Iban hijrah ke Batam dan menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Harian Lantang pada 2002 sampai 2004. Sebelum kemudian bergabung di Majalah Ekonomi dan Bisnis PILARS Jakarta tahun 2004-2005. Lalu, pada 2006 -2014 berkarir di Harian Ekonomi Neraca Jakarta.

BACA JUGA:   WNA Kru Kapal MT Arman 114 Diduga Dipindahkan ke Hotel Secara Sepihak, Hal Ini Menjadi Sorotan Pemerhati Kemaritiman

Ketika dunia pers dunia dan Indonesia mulai bergeser ke platform digital, penguji UKW (Uji Kompetensi Wartawan) itu berlabuh ke BATAMTODAY.COM pada tahun 2014 sampai hari ini. “Alhamdulillah, pada 17 Agustus 2022 lalu, saya kembali mendirikan media berplatform digital, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM,” tambah Cak Iban.

Sampai hari ini, Cak Iban sudah menulis lebih dari 10 judul buku. Di antaranya, “Border Wacthdog – Catatan Jurnalistik karya Saibansah Dardani”. Buku ini berisi pengantar dari Pengamat Militer dan Intelijen Indonesia Dr. Connie Rahakundini Bakrie.

Lalu, buku berjudul “Tol Laut dari Natuna ke Papua”, “Pahlawan di Jalur Tikus Kepri Catatan Jurnalistik Batamtoday.com”, kumpulan cerita pendek “Rumah Kelamin, menjadi salah satu penulis buku “EXTRAORDINARY MARGIONO: WARTAWAN CERDIK & DALANG NYENTRIK”, menjadi salah satu penulis buku “AZYUMARDI AZRA Sang Intelektual Organik yang Rendah Hati”, menjadi salah satu penulis buku “Membaca Sani” dan “Kyai Haji Idris Jauhari, Pendiri Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep Madura”. Serta, masih ada beberapa judul buku lagi.(*)