Beri Sosialisasi, Kadispora Kota Batam: Pemuda Bersiaplah Jadi Pemimpin, Pelopor dan Pejuang

Ist

Bataminfo.co.id, Batam – Berikan ilmu serta motivasi melalui beberapa materi kepada Pemuda – pemudi usia 16 – 30 Tahun sesuai dengan peraturan UU nomor 40 tahun 2009 RI, Dinas Pemuda dan Olaraga (Dispora) Kota Batam goes to school (hadir ke sekolah) di Kota Batam.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Zulkarnain HN, SST mengatakan, program ini telah dimulai sejak tahun lalu yang ditargetkan kepada Mahasiswa – mahasiswi di setiap Perguruan tinggi di Kota Batam. Berbeda dengan tahun ini, program yang sama diimplementasikan ke tingkat SLTA di Kota Batam.

“Kita sudah terapkan program ini sejak tahun lalu yaitu; goes to university. Dan tahun ini goes to school. Dengan ini, mereka juga nantinya bisa mengenal apa sih Dispora itu. Sehingga itu peran kami untuk memberikan bimbingan serta binaan kepada mereka,” ucap Zulkarnain dalam wawancara eksklusif dengan Tim Bataminfo pada Rabu, 11 Oktober 2023 kemarin di Kantor Dispora Batam.

BACA JUGA:   Ketua FSPMI Batam Minta Pemko Sediakan SDM Untuk Pelayanan BPJS Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Zulkarnain menyebut, ada beberapa hal yang menjadi pokok materi untuk disosialisasikan kepada Pemuda – pemudi di setiap sekolah menengah atas yang dikunjungi pihaknya. Zulkarnain meminta kepada Pemuda Kota Batam untuk lebih pekah terhadap lingkungan agar nantinya mampu beradaptasi.

“Fokus materi untuk pemuda Kota Batam adalah pemuda bisa jadi pemimpin, pelopor dan ketiga bisa jadi pejuang. Ini akan kita berikan sebagai bekal untuk pemuda nantinya bisa membangun Kota Batam kedepan. Pemuda sekarang harus pekah. Pemuda sekarang harus pekah terhadap lingkungan. Jadi mereka tak boleh cuek. Ada 5 strategiri bagi pemuda yang ingin jadi pemimpin masyarakat. Salah satunya yah, Pemuda harus kritis. Dia harus bisa mengkritik tetapi kritik untuk membangun,” tutur Zul.

Kata Dia, pihaknya bersyukur karena mendapatkan respon positif dari setiap sekolah yang dikunjunginya. Dimana saat ini sudah tercatat 7 sekolah yang dikunjungi. Zul menyampaikan bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan beberapa instansi dalam sosialisasi tersebut.

“Alhamdulilah, respon baik dari Adik – adik juga Kepala sekolah dan para guru. Anak-anak juga senang karena kita juga memberikan materi-materi yang menarik dan memotivasi juga. Karena disana kita juga ada ice breaking jadi mereka juga tidak tegang. Kita tidak sendiri, kita juga kerjasama dengan Dinas pendidikan, BNN juga dan nantinya kita juga akan gandeng perbankkan. Jadi Anak-anak juga melek berwirausaha. Semua akan kita sampaikan juga bagaimana Pemuda bisa terbebas dari bahaya narkoba. Sehingga kita juga akan gandeng BNN untuk membantu kita juga mensosialisasi terkait narkoba. Karena mereka lebih paham bagaimana resiko ataupun pencegahannya,” ujarnya.

BACA JUGA:   Wakil Gubernur Sampaikan Jawaban Pemerintah atas Pandum Fraksi DPRD Terhadap Ranperda Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Tak hanya itu, kata Zul, pihaknya juga akan mengandeng instansi lainnya seperti Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak di Kota Batam dan atau instansti terkait lainnya untuk terlibat langsung dalam sosialisasi yang dimaksud, mengingat angka kriminalitas dan kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Batam juga cukup tinggi.

“Kekerasan terhadap Anak atau kriminalitas atau kejahatan lainnya juga tentu termasuk dalam bagian itu. Sehingga kita akan gandeng juga seperti Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak, bila itu masuk ke ranah kami, masuk ke pemuda 16 – 30 tahun, maka kami akan gandeng juga. Sehingga, tidak ada lagi kriminalitas atau kejahatan lainnya di yang melibatkan Pemuda Kota Batam,” tambahnya.

BACA JUGA:   Rawat Mangrove, PT Timah Tbk Lakukan Penyulaman 2500 Bibit Mangrove di Kundur

Pihalnya berharap, Pemuda – pemudi Kota Batam, terutama yang berada di bangku SLTA dan Perguruan Tinggi agar memanfaatkan kegiatan ini sebagai kesempatan berharga untuk menambah wawasan guna melanjutkan tongkat kepemimpinan yang berkarakter di masa depan.

“Pemimpin masa depan adalah Pemuda Kota Batam. Untuk itu, persiapkan diri anda mulai dari sekarang. Kita berharap dengan kita berkunjung ke sekolah ini, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menuju Indonesia emas. Dan semua yang kami lakukan ini tentu adalah untuk memotivasi Anak – anak agar nanti ketika mengabdi kembali di kota Batam di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Non/BI)