Ansar Serahkan Bantuan Alat Pertanian Untuk Petani di Tembesi Batam

Gubernur ansar serahkan bantuan alat alat pertanian untuk petani di tembesi Batam

Bataminfo.co.id, Batam – Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani, diantaranya Margo Mulyo, Sumber Rezeki dan Subur Makmur Tembesi, Kota Batam, Rabu (18/1/2023).

Alat-alat pertanian yang diserahkan ini melalui pengadaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri diantaranya, cultivator 35 unit, traktor roda empat 1 unit, handtraktor 8 unit, mesin potong rumput 4 unit dan mesin pompa air 2 unit.

Juga ada bantuan melalui pengadaan Dinas Kelauatan dan Perikanan Provinsi Kepri berupa Bubu Ketam sebanyak 800 buah, kawat bubu sebanyak 135 buah dan juga jaring tenggiri sebanyak 375 unit. Total penerima sebanyak 225 orang.

BACA JUGA:   Asap Kebakaran Hutan di Indonesia Sampai ke Singapura, Kualitas Udara di Beberapa Titik Singapura Tidak Sehat

Bantuan alat pertanian sengaja diberikan dan diserahkan langsung kepada para petani dalam rangka menunjukan komitmen serta dukungan kepada para petani.

Bantuan alat pertanian itu sendiri, tidak lepas dari kebijakan pemerintah dalam rangka menjaga sektor pertanian bisa tetap berproduksi dan terus menghasilkan produksi pertanian.

Gubernur Ansar mengatakan, bila para petani bisa terus memproduksi hasil pertanian, satu sisi akan menjaga ketersediaan hasil-hasil pertanian itu sendiri, sekaligus menjaga stok bahan kebutuhan pangan terjaga.

BACA JUGA:   Serikat Buruh Batam Akan Demo Besok, Ketua KC FSPMI: Kenaikan Harga BBM Akan Berakibat Banyak Pekerja Di-PHK

“Langkah ini bisa membantu memenuhi ketersediaan stok bahan pangan,” kata Gubernur Ansar.

Pemerintah Provinsi Kepri sendiri juga terus mendorong sektor pertanian, agar bisa ikut memenuhi sebagaian kebutuhan bahan pokok, yang memang selama ini didatangkan dari luar daerah.

Termasuk, sambung Bupati Bintan dua periode itu, meluncurkan gerakan menanam cabe, dengan memanfaatkan lahan terbatas yang ada dilingkungan pekarangan rumah, bagi masyarakat yang ada di Kepri.

“Karena apabila ketersediaan bahan pokok terjaga, satu sisi akan bisa menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan itu sendiri, sekaligus bisa menjaga terjadinya inflasi,” ujarnya.

BACA JUGA:   Tidak Mengetahui Berapa Total Aset Pasti, Kabid Aset : Perumda Bukan Aset Ranah Saya

Eks legislator Senayan itu menambahkan, selain pertanian, Pemprov Kepri terus mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan dengan memberikan bantuan alat alat nelayan dan bantuan modal usaha.

“Termasuk mengikut sertakan para nelayan dengan perlindungan BPJS kesehatan dan juga perlindungan asuransi,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Gabungan Kelompok Tani Yusuf menyucapkan terimkasih atas perhatian dan kehadiran langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di lokasi lahan pertanian kami di Tembesi Lama Kecamatan Sagulung Kota Batam.

“Inilah lokasi teman-teman petani di Tembesi bercocok tanam. Dimana hasil pertaniannya, langsung kami jual,” ungkap Yusuf.(*)