Pembangunan Indo Grosir di Muka Kuning, Anwar Anas: Harus Prioritaskan SDM Terdekat

Fot dok

Bataminfo.co.id, Batam – Pembangunan Gudang dan Pusat Perbelanjaan Indo Grosir di kawasan Muka Kuning Batamindo akan segera rampung dan beroperasi. Warga meminta Indo Grosir prioritaskan warga sekitar mengisi formasi pekerjaan di perusahaan itu.

“Kami meminta Indo Grosir memberikan perhatian kepada sumber daya manusia yang tersedia di masyarakat sekitar. Sebagai perusahaan raksasa, kami yakin Indo Grosir memberi prioritas untuk SDM dari penduduk sekitar lokasi (Indo Grosir) mengisi formasi lowongan pekerjaan. Selain untuk menjalin hubungan komunikasi dengan warga sekitar, juga untuk menunjukkan perusahaan mampu memperbaiki ekonomi di lingkungan sekitar,” kata seorang perwakilan warga Sei Beduk, Anwar Anas, Minggu, 15/1/2023.

BACA JUGA:   BBM Solar di Tanjungpinang Langka, Warga Harus Antri Panjang Setiap Hari

Anwar Anas, menyebut perusahaan yang akan berdiri itu harus menjamin agar peluang kerja dan peluang berusaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bagi masyarakat, diutamakan buat masyarakat Sei Beduk.

Tanpa harus mengesampingkan peluang warga di wilayah lainnya, menurut Anwar Anas, peluang untuk UKM dan pengisian lowongan kerja merupakan pertimbangan utama bagi sebuah perusahaan.

BACA JUGA:   20 Tahun Jalankan Usaha Toko Sembako, Jumirah Bersyukur Usahanya Bisa Maju Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Menurutnya, Indo Grosir harus rasa kepedulian perusahaan terhadap Tanggung Jawab Sosial (TJS) di bidang lapangan pekerjaan yang dilandasi pada TJS Kepedulian dan Bina Lingkungan. Aspek kepedulian itu, menurut Anas, merupakan sebuah pertimbangan utama dalam mendirikan usaha, apalagi sebesar Indo Grosir.

“TJS Kepedulian dan Bina Lingkungan yang kami maksud adalah pembukaan lapangan kerja yang menitik-beratkan pada program pemberdayaan masyarakat yang bermukim di sekitar perusahaan,” papar Anwar Anas.

BACA JUGA:   Bea Cukai Batam Musnahkan 122 Ton Ballpress dari Luar Negeri Yang Diselundupkan ke Indonesia

Dijelaskan Anwar Anas, Program itu sangat bermanfaat dan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara perusahaan dan masyarakat. Sebab, katanya, perusahaan yang telah memberi manfaat langsung akan dijaga oleh warga yang merasa dipedulikan, dan perusahaan akan menjadi pusat pemberi manfaat bagi lingkungan, sehingga tumbuh hubungan timbal-balik yang serasi dan positif.

Untuk itu, Anwar Anas siap berkomitmen akan membangun komunikasi dengan perusahaan untuk mendorong penerimaan warga Sei Beduk terlibat di perusahaan tersebut.(*)