Kepala Sekolah SD Negeri 009 Sagulung Ahmad Zen memantau proses PPDB di sekolah yang dipimpinnya, Senin (6/6/2022). Foto: istimewa

Bataminfo.co.id, Batam – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun pelajaran 2022-2023 tahap pertama Sekolah Dasar (SD) Negeri 009 Sagulung, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, berjalan lancar.

Pantauan dilapangan, panitia PPDB SD Negeri 009 Sagulung siap sedia membantu wali murid yang ingin mendaftarkan anaknya yang akan bersekolah bulan Juli 2022 mendatang.

PPDB online ini dibuka serentak pada 06 Juni 2022 – 10 Juni 2022. Kepala Sekolah SD Negeri 009 Sagulung, Ahmad Zen mengatakan untuk tahun 2022-2023 daya tampung SD Negeri 009 yakni 108.

“Daya tampung kita 108 atau 3 lokal, pendaftaran disini sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kota Batam, seperti syarat umur tetap kita prioritaskan umur anak 7 tahun,” ungkap Ahmad saat diwawancarai Bataminfo.co.id , Senin(06/06/2022).

Selain itu pihak sekolah yang mana panitia PPDB ikut membantu mendaftarkan secara online bagi wali murid yang tidak bisa mendaftar sendiri via website atau yang kesulitan memahami petunjuk pendaftaran online PPDB.

“Ada beberapa wali murid yang kesulitan dalam mengisi pendaftaran online ini, disinilah tugas kita sebagai tenaga pendidik untuk membantu mengarahkan agar data calon siswa bisa terdaftar secara online,” tutupnya.

Lanjutnya, tidak ada perbedaan antara wali murid yang mendaftar online dirumah atau yang datang ke sekolah. Semua sama saja akan masuk ke data sekolah yang dituju.

“Sama saja itu kalau sudah sesuai dengan petunjuk dan juknis pasti akan segera diproses. Jika ada masalah atau ada yang tidak dipahami bisa datangi sekolah yang dituju agar kita bantu,” paparnya lagi.

Ia menambahkan, sejauh ini dihari pertama PPDB Online SD Negeri 009 Sagulung berjalan lancar. Sebelum PPDB Online dibuka para guru yang berada di wilayah sekitar juga mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar agar tidak lupa untuk mendaftarkan anaknya sekolah

“Hari pertama ini Alhamdulillah lancar ya, sebelum ini juga para guru juga sudah sosialisasi ke masyarakat agar segera mendaftarkan anaknya sekolah, terutama yang sudah berumur 7 tahun agar tidak terlambat daftar,” pungkasnya.

Seperti yang diinformasikan oleh Kemendikbud Jalur Seleksi PPDB ada 4 yakni Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Prestasi dan Jalur perpindahan tugas orang tua.

Beberapa wali murid yang mendaftar di SDN Negeri 009 Sagulung mengaku sangat terbantu dengan arahan langsung dari panitia PPDB di Sekolah.

“Kami sangat terbantu sekali ya, karena daftar online ini untuk kita orang tua susah-susah gampang sebenarnya, ada beberapa yang tidak dipahami, tapi bersyukur pihak sekolah bantu kita untuk mengarahkan agar meminimalisir kesalahan saat pendaftaran online,” tutup Erny salah seorang wali murid. (zel)