Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Biro Setpres

Bataminfo.co.id – Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan masih ada 10 provinsi di Indonesia yang mengalami kenaikan kasus positif Covid-19 di tengah tren penurunan secara nasional.

Wiku mengatakan 10 provinsi tersebut merupakan data per 22 Mei 2022 lalu. Data itu disebut telah turun dibandingkan data per 15 Mei 2022 yang mencatat sebanyak 24 provinsi mengalami peningkatan kasus mingguan.

BACA JUGA:   Anggap Seperti Penyakit Flu Biasa, Singapura Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19

“Per tanggal 22 Mei 2022 hanya terdapat 10 provinsi yang mengalami kenaikan kasus dan kenaikan tertinggi adalah Maluku, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Aceh, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, dan Gorontalo,” kata Wiku dalam konferensi pers Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang disiarkan secara daring, Jumat (27/5).

BACA JUGA:   Kecewa Dengan PT Nindya Karya, PT Citra Beton Tarik Dukungan Pengerjaan Taxi Way dan Apron Bandara Hang Nadim

Meskipun demikian, Wiku mengatakan provinsi-provinsi tersebut memiliki angka kenaikan yang cenderung rendah, yakni berada di kisaran 1 hingga 16 kasus dalam satu minggu.

“Jadi ini adalah sinyal positif, kontribusi positif pada penyelenggaraan GPDRR pada minggu ini,” kata Wiku.

Sebagai informasi, pada 23 hingga 28 Mei 2022, Indonesia menyelenggarakan GPDRR di Bali. Forum internasional itu digelar untuk meninjau kemajuan berbagai pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan serta penanggulangan risiko bencana.

BACA JUGA:   Tiga Kecamatan di Batam Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Setidaknya sebanyak 3.365 delegasi dari 182 negara hadir secara fisik dalam acara tersebut.

Sementara itu, kasus Covid-19 di Indonesia secara umum bertambah 246 kasus dengan tiga laporan kematian per Kamis (26/5). Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 6.053.670. (*)

Sumber : CNN Indonesia.com