Suasana kegiatan Paskah Oikumene di Dataran Engku Putri Batam. Foto: Non/BI

Bataminfo.id, Batam – Ribuan Umat Kristiani mengikuti Ibadah Paskah Oikumene Tahun 2022 di Alun-alun Engku Putri kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (19/5/2032).

Paskah Oikumene yang bertemakan “Tak Terpisahkan Dari Kasih Allah” ini merupakan ibadah perdana yang digelar pasca Covid-19 yang melanda Indonesia, terkhususnya kota Batam.

Diketahui, Paskah Oikumene kali ini dihadiri oleh 10 ribu umat kristiani dari berbagai denominasi. Ibadah Paskah tersebut juga dihadiri oleh Walikota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi serta sejumlah Pejabat daerah. Kemeriahan Paskah Oikumene bertambah lengkap dengan penampilan dari Artis Ibu kota, Maria Chalista.

Ketua Komisi I DPRD kota Batam, Budi Mardianto yang juga merupakan Ketua Panitia dalam Ibadah Paskah Oikumene ini menghaturkan ungkapan terimakasih atas suksesnya acara tersebut. Dalam sambutannya, Budi juga sempat meminta kepada Muhammad Rudi agar meningkatkan anggaran terhadap kegiatan keagamaan yang dimaksud.

“Sekian Tahun kita terkungkung dalam ruang yang namanya covid, dan pada hari ini kita bisa melangsungkan ibadah bersama. Kami pantia terbentuk hanya 3 minggu hingga terlaksananya acara ini. Semula kita targetkan yang hadir 10 ribu orang. Dan Bersyukur, bisa dilihat malam ini luar biasa banyaknya. Kami berterimakasih untuk Bapak Walikota yang dapat membantu kami. Mudah-mudahan kedepannya anggaran ditingkatkan. Kita akan buktikan Tahun depan,” ucap Budi.

Selanjutnya, Muhammad Rudi dalam sambutannya mengatakan turut bersukacita atas terlaksananya Ibadah Paskah Oikumene ini. Dia juga berharap dengan dibebaskannya masyarakat dari tes Antigen dan PCR, akan membangkitkan kembali perekonomian di kota Batam. Rudi juga menegaskan kepada seluruh Umat beragama di kota Batam agar tetap menjaga toleransi beragama, saling menghargai serta menjaga kekondusifan kota Batam.

“Kita patut bersyukur karena seluruh Umat Kristiani di kota Batam dapat melangsungkan Ibadah Paskah bersama pada malam ini.┬áKemarin sore Presiden RI sudah bebaskan PCR dan antigen, dan sudah boleh lepas masker. Khusus kota Batam, saya ijinkan. Mari kita menjaga toleransi antar agama dan saling menghargai. Lapangan ini untuk masyarakat kota Batam. Mari kita menjaga bersama Batam yang kondusif agar perekonomian di kota Batam semakin maju, menjadi modern dan madani,” tutur Rudi.

Dalam acara paskah oikumene tersebut tak hanya dihibur oleh penampilan semarak dari Artis Maria Chalista, melainkan adapun penampilan terbaik dari Paduan Suara Remaja dan penampilan dari grup Musik Pemuda Gerejawi (MPG) yang diketahui akan berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti Perparawi tingkat nasional. (non)