Jadwal Sepak Bola SEA Games 2021: Indonesia U-23 vs Vietnam U-23 Live di RCTI. Foto: PSSI

Bataminfo.co.id – Timnas Indonesia akan memulai kiprah di cabang sepakbola SEA Games 2021 dengan menghadapi Vietnam. Berikut jadwal duel yang bakal tersaji malam nanti.

Vietnam vs Indonesia bakal berlangsung di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Jumat (6/5/2022). Duel ini sekaligus menjadi dari dua laga cabang sepakbola SEA Games 2021 yang digelar lebih dulu daripada cabang olahraga lain.

Vietnam dan Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Negara-negara ini berebut dua tiket untuk lolos ke semifinal dari fase grup.

BACA JUGA:   Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/ Apriyani Persembahkan Emas untuk Indonesia

Vietnam vs Indonesia diprediksi bakal berlangsung sengit. The Golden Stars punya keuntungan karena bakal mendapat dukungan penuh dari publik Viet Tri Stadium.

Sementara, Indonesia bertekad membalas dendam kepada Vietnam atas kekalahan di final SEA Games 2019 di Filipina. Kala itu, pasukan Park Hang-seo mengalahkan Evan Dimas dkk dengan skor 0-3.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui bahwa Vietnam adalah tim yang bagus. Meski demikian, ia yakin anak asuhannya bisa menjinakkan tuan rumah.

BACA JUGA:   Atlet Panahan Asal Kepri Raih Medali Emas dalam Kejuaraan di Jakarta

Tim Garuda bakal mengandalkan para pemain yang bermain di luar negeri di SEA Games kali ini. Setidaknya ada tiga pemain Indonesia di luar negeri yang siap tampil, yaitu Egy Maulana Fikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FK Senica), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

Sebetulnya masih ada Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners). Namun keduanya masih akan absen melawan Vietnam karena belum bergabung.

BACA JUGA:   Cristiano Ronaldo Kembali ke Manchester United

Sejak saya melatih Indonesia, sudah dua kali menghadapi Vietnam. Secara kemampuan Vietnam tim yang bagus, apalagi ada senior saya yang melatih (Park Hang-seo), namun performa kami semakin naik dan ditambah (kehadiran) pemain-pemain yang bermain di luar negeri,” kata Shin dalam laman resmi PSSI.

Indonesia masih terus memburu emas pertama di cabang sepakbola sejak terakhir kala diraih pada 1991 pada SEA Games di Filipina. (*)

Sumber : detik.com