Ucapan Selamat Natal. Foto: ilustrasi/istimewa

Bataminfo.co.id – Setiap tanggal 25 Desember, umat Kristiani dari seluruh penjuru dunia merayakan Natal. Begitu pun di Indonesia.

Perayaan natal hari ini sedikit berbeda dengan 2020 lalu yang hanya boleh dilakukan di rumah. Karena Covid-19 yang mulai membaik, umat Kristiani boleh melakukan misa di Gereja dan berkumpul dengan keluarga meskipun masih terbatas.

Hanya mengucapkan ‘selamat Hari Natal’ atau ‘Merry Christmas’ rasanya terdengar biasa. Anda bisa mengucapkan selamat Natal dengan menggunakan bahasa dari beberapa daerah di Indonesia kepada teman, saudara atau rekan kerja yang berasal dari daerah tertentu.

BACA JUGA:   Pjs Ketua PKK Kepri Beri Perhatian Khusus Terhadap Lansia dan Ibu Hamil

Berikut ucapan Selamat Natal dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Batak

Manetek aek udan manetek sian bungkulan. SMS singkat ni badan, singkat ni tangan masijalangan. “Selamat hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022″.

Artinya : Meneteslah air hujan dari tiang, SMS singkat dari badan, singkat dari tangan untuk bersalaman.”Selamat Hari Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022”.

2. Jawa

Sugeng Natal. Mugi Gusti paring berkah dhumateng panjenengan saha kulawarga ing taun 2022.

Artinya : Selamat Natal untuk Anda! Tuhan memberkati Anda dan keluarga dengan damai dan sukacita untuk tahun yang akan datang.

BACA JUGA:   Ucapkan Selamat Natal, Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Untuk Umat Kristiani

3. Dayak Ngaju

Salamat Mahaga Pesta Alem Brasih 25 Desember 2021 tuntang Manambang Nyelo Taheta 2022. Kaharap Alem Brasih mimbit kahanjak tuntang kasanang huang nyelo taheta akan itah samandiai.

Artinya : Selamat Merayakan Natal 25 Desember 2021, juga menyambut Tahun Baru 2022. Berharap Natal dan Tahun Baru membawa sukacita untuk kita semua.

4. Sunda

Wilujeng Natal, mugia urang sadaya dipaparinan katengtreman sareng karaharjaan. Wilujeng kempel sareng kulawarga.

Artinya : Selamat merayakan Natal, semoga Tuhan memberikan keselamatan dan kesejahteraan untuk keluarga semuanya.

BACA JUGA:   Olahraga Sore Yuk! Nikmati Keliling Harbour Bay dengan Sepeda Santai di Yello Hotel Harbour Bay Batam

5. Bali

Rahajeng nyanggra Natal, dumogi Tuhan mapaica kerahayuan lan kerahajengan keluarga sareng sami.

Artinya : Selamat Natal, semoga kita semua diberikan keberkahan dan kesejahteraan. Selamat berkumpul bersama keluarga.

6. Manado

Manado Selamat Natal untuk torang samua semoga torang samua sehat-sehat, baku-baku sayang, baku-baku bae, lantaran torang samua basudara di dalam Tuhan.

Artinya : Selamat Natal untuk kita semua, semoga kita semua sehat dan saling mengasihi karena kita semua bersaudara di dalam Tuhan. (*)