Suasana Wisuda lulusan UIB di Swiss Bell Hotel, Rabu (24/11/2021). Foto: Yog/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Universitas Internasional Batam (UIB) mengadakan sidang senat terbuka Wisuda angkatan 16 dan 17 jenjang Magister (S-2) dan Strata satu (S-1) selama dua hari di Swiss Bell Hotel Harbour Bay Kota Batam pada 24 sampai 25 November 2021.

Rektor UIB Dr. Iskandar Itan mengatakan, Acara wisuda dua angkatan ini meluluskan wisudawan sebanyak 1.518 orang, dengan lulusan 2020 sebanyak 749 orang dan lulusan 2021 sebanyak 769 orang.

“Prosesi wisuda akan dilaksanakan secara singkat dan persesi, ada 3 sesi dalam 1 hari karena pelaksanaan harus mengikuti protokol kesehatan,” ujar Rektor UIB saat selesai prosesi wisuda pada Rabu (24/11/2021) siang.

Lanjutnya, untuk wisuda yang akan dilakukan secara daring menggunakan zoom, pelaksanaan akan dilakukan di hari ke 2 sesi 3. Wisudawan dengan jumlah total 1.518, per program studi adalah program Magister yakni Magister Manajemen sebanyak 122 orang, Magister Hukum sebanyak 84 orang.

Kemudian untuk program Sarjana, program studi Teknik Sipil sebanyak 81 orang, Teknik Elektro sebanyak 32 orang, Sistem Informasi sebanyak 183 orang, Manajemen sebanyak 442 orang, Akuntansi sebanyak 340 orang, Pariwisata sebanyak 28 orang, Ilmu Hukum sebanyak 194 orang, dan yang paling khusus ditahun ini adalah perdananya wisuda untuk program studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, meluluskan sebanyak 12 orang.

Adapun Predikat Wisudawan Berprestasi, diraih oleh Bernard Hocking, S.T lulusan 2020, dan Roro Mega Cahyaning ‘Azmi Riyandani, S.M untuk lulusan 2021. Sedangkan predikat Wisudawan Terbaik Untuk lulusan 2020, Program Sarjana Eksakta diraih oleh Lisa Lestari Herawati, S.Kom dengan IPK 3,83, dan Program Sarjana Sosial diraih oleh Wilhelmina S.L, S.M dengan IPK 3,95.

Wisudawan Terbaik Program Magister Manajemen diraih oleh Yedin Arianto Zega, S.S., M.M dengan IPK 3,83, dan Wisudawan Terbaik Program Magister Hukum diraih oleh Titi Delima Panjaitan, S.H., M.H dengan IPK 3,85. Untuk lulusan 2021, predikat Wisudawan Terbaik Program Sarjana Eksakta diraih oleh Sophia Loren, S.Kom dengan IPK 3,98, dan Wisudawan Terbaik Program Sarjana Sosial diraih oleh Vera Nengsih, S.H dengan IPK 3,99.

Wisudawan Terbaik Program Magister Manajemen diraih oleh Rudi Candra, S.Ak., M.M dengan IPK 3,83 dan Wisudawan Terbaik Program Magister Hukum diraih oleh Nomika Sinaga, S.H., M.H dengan IPK 3,85.

Ditempat yang sama, mahasiswa UIB bernama Bernard Hocking, S.T lulusan 2020 mengungkapkan, merasa sangat bangga bisa menjadi wisudawan berprestasi lulusan di UIB.

“Saya sangat bangga bisa menjadi wisudawan berprestasi lulusan 2020 dengan meraih IPK 3,73,” ujar Bernard Hocking.

Bernard juga menyampaikan prestasinya yaitu mengikuti Third Runner-Up dari lomba NUDC 2017 tingkat Kopertis Wilayah X.

“Prestasi ini diraih pada tahun 2017. Saya merasa sangat susah menyeimbangkan pekerjaan, persiapan lomba dan perkuliahan. Namun dengan kerja keras dan dukungan dari keluarga dan kawan, saya bersama tim bisa meraih posisi untuk tingkat nasional,” ungkapnya.

Saya berkuliah sambil bekerja. Pembagian waktu tentu sangat susah dikarenakan mempunyai waktu yang sangat minim untuk istirahat dari kegiatan bekerja. Kunci dalam pembagian waktu adalah untuk selalu mengingat istirahat dalam setiap waktu luang, dan selalu pergunakan waktu dengan tepat.

Bernard juga memberikan motivasi kepada mahasiswa UIB untuk tetap pantang menyerah dalam setiap hal yang positif. Belajar yang keras, bekerja yang cerdas. Tidak lupa untuk have fun dalam setiap proses belajar dan berkarya.

Acara wisuda ini juga disiarkan secara live melalui kanal Youtube UIB yakni UIB – Channel, agar semua yang berkepentingan dan masyarakat umum bisa menyaksikan secara langsung. (Yog)