Pengungsi Afganistan menggelar aksi damai di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, sebelum long march ke kantor perwakilan UNHCR di Tanjungpinang, Selasa (2/11/2021). Foto: Rid/BI

Bataminfo.co.id, Tanjungpinang – Ratusan pengungsi asal Afganistan menggelar unjuk rasa di kantor perwakilan UNHCR di jalan Peralatan, Km 7 Tanjungpinang, Selasa (2/11/2021).

Sebelum menyampaikan keluh kesahnya di kantor perwakilan UNHCR. Ratusan pengungsi Afganistan tersebut menggelar aksi damai di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, yang dilanjutkan dengan Long March ke kantor perwakilan UNHCR.

BACA JUGA:   LSM BPKPPD Unjuk Rasa di Kantor PLN Batam, ini Tuntutannya

Dalam aksinya di kantor perwakilan UNHCR, pengungsi Afganistan membawa spanduk berisikan agar media mempublikasikan kegiatan dan mengetahui keinginan mereka.

Salah seorang pengungsi, Abdul Hakim mengatakan, aksi yang dilakukan mereka  tersebut bertujuan agar mereka segera dikirim ke negara ketiga.

“Sudah lama Kami menunggu dan hanya janji janji saja yang didapatkan,” ujar Hakim.

BACA JUGA:   Pastikan Masyarakat Lakukan Social Distancing, Rudi Pimpin Patroli Pengawasan

Ia menuturkan, saat ini kondisi para pengungsi di Pulau Bintan sudah sangat memperihatinkan. Karena sudah selama kurang lebih 10 tahun lebih menunggu.

“Kami sudah lama dan banyak juga yang bunuh diri,” kata Hakim.

Setelah menyampaikan aspirasinya,  para pengungsi kembali ke Hotel Badra. Hal itu dilakukan, setelah perwakilan UNHCR berjanji akan bertemu mereka di tempat pengungsian.

BACA JUGA:   Unjuk Rasa di Depan Gedung BP Batam, Penghuni Apartemen Indah Puri Sebut Penggusuran Tanpa Ada Perikemanusiaan

 

Para pengungsi itu pun akhirnya kembali ke hotel Badra setelah mendapatkan kesepakatan bersama pihak UNCHR. Nantinya pihak UNHCR akan menemui para pengungsi di tempat tinggalnya, Hotel Badra Kabupaten Bintan.

Aksi para imigran ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dari Polres Tanjungpinang. (ode)