iPhone 13 series sudah beredar di sejumlah toko handphone di Kota Batam. Foto: Bora/BI

Bataminfo.co.id, Batam –¬†Pertengahan bulan September 2021, Apple resmi meluncurkan produk terbarunya yakni iPhone 13 series. iPhone ini merupakan penerus dari produk sebelumnya.

Situs resmi Apple Indonesia juga sudah memajang foto-foto iPhone 13 series ini di sebuah landing page, lengkap dengan spesifikasi dan fitur-fitur utama yang dibawa. Kendati sudah dipajang lengkap dengan informasi soal spesifikasi teknisnya, Apple Indonesia belum memberitahukan kapan iPhone 13 series ini diluncurkan di Indonesia.

Tetapi sepertinya, para pengusaha sudah menemukan cara agar konsumen tanah air tidak ketinggalan teknologi ponsel cerdas ini. Tentu saja prakteknya diduga dilakukan secara ilegal. Bisnis pasar gelap (Black Market) namanya. Kota Batam adalah surganya.

Seperti penelusuran bataminfo.co.id, pada sejumlah toko ponsel genggam di Pusat Perbelanjaan Elektronik Lucky Plaza dan Plaza Avava. iPhone 13 series ini sudah diperjualbelikan disana. Harganya pun bervariasi, mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah.

BACA JUGA:   Unit Patroli Samapta Polsek Sungai Beduk Sosialisasikan Saber Pungli Kepada Masyarakat

Salah seorang penjaga konter penjual Handphone di Plaza Avava, Iwan membenarkan bahwa iPhone 13 series sudah beredar di Kota Batam. Menurutnya, ponsel cerdas itu sudah satu minggu belakangan ini beredar di sejumlah toko Handphone di pusat barang elektronik yang ada di Batam.

“Tidak semuanya menjual iPhone 13 series ini, hanya beberapa toko saja. Sekitar seminggu belakangan ini lah sudah beredar di Batam,” ujar Iwan, Rabu (13/10/2021) kemarin.

Saat ditanya harga jual iPhone 13 series tersebut, Iwan menuturkan ponsel pintar tersebut dijual dengan harga kisaran Rp13 juta hingga Rp20 jutaan.

BACA JUGA:   Setelah Terdampak Pandemi Covid-19, Wali Kota Sebut Pariwisata Batam Siap Bangkit

”Untuk iPhone 13 biasa 13.600.000 ribu rupiah, sedangkan iPhone 13 pro max 20.600.000 ribu bang. Dan itu harga modal,” kata Iwan.

Sementara itu, salah satu pekerja di toko Ponsel di kawasan Lucky Plaza, Putra menuturkan bahwa iPhone 13 series yang beredar di sejumlah toko atau konter Handphone di Batam adalah barang Black Market.

“Udah, ada sebagian yang udah (iPhone 13 series), itu iPhone 13 masih barang Black Market yang ready, iBox belum ada. Kasarannya ada jual di toko iPhone 13 Promax 128 harga nya 20 jutaan lah , itu BM yah,” tutur Putra.

Sementara saat ditanya, darimana iPhone 13 series yang disebutnya barang BM itu pasok. Putra mengaku tidak mengetahuinya dan enggan menjelaskan secara rinci.

BACA JUGA:   BIN Kepri Gelar Vaksinasi 4.870 Pelajar di Batam

Adapun informasi dari laman situs, iPhone 13 series ini terdiri dari iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan iPhone 13 Mini. Keempat ponsel ini memiliki desain dan ukuran layar yang hampir mirip dengan pendahulunya, iPhone 12 series.

Perbedaannya, iPhone 13 ini hadir dengan notch 20 persen lebih kecil, prosesor, fitur kamera baru, baterai, hingga iOS 15.

Jika dikelompokkan, keempat iPhone 13 ini bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni iPhone 13 dan iPhone 13 Pro. Sebab dua kategori ini memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup mirip. (Bora)