Gedung Pemko Batam. Foto: Bora/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Batam saat ini telah mengalami penurunan menjadi Level 2. Beberapa penyesuaian peraturan terbaru mulai diberlakukan.

Melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Batam, Azril Apriansyah menginformasikan Surat Edaran (SE) Walikota Batam nomor 59 tahun 2021 terkait PPKM Level 2. terdapat perubahan signifikan di beberapa sektor seperti, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, perkantoran dan transportasi.

Berikut ketentuan terbaru yang telah dirangkum Batamindo.co.id :

1. Dalam sektor pusat perbelanjaan/mall, jam operasional dibatasi hingga pukul 21.00 WIB, adapun pembatasan kapasitas pengunjung saat ini sebesar 75 persen dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi maupun penerapan Prokes yang ketat.

2. Kemudian pada rumah ibadah, terdapat penambahan kapasitas dari 50 persen menjadi 75 persen dari kapasitas dengan tetap menerapkan Prokes secara lebih ketat serta memperhatikan peraturan teknis dari menteri agama.

3. Pada pelaksanaan kegiatan perkantoran atau tempat kerja baik milik Instasi negri maupun swasta, Work From Office (WFO) diberlakukan hingga 50 persen dan Work From Home (WFH) 50 persen.

4. Selanjutnya, untuk sektor transportasi terjadi perubahan bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negri (PPDN) seperti :

a. Melampirkan kartu vaksin/sertifikat vaksin Covid-19.
b. Bagi penumpang kapal laut/ kapal penyebrangan (Roro) yang telah mendapatkan vaksinasi dosis 2 (penuh) tidak perlu melampirkan surat keterangan RT-PCR/Rapid test Antigen. Sedangkan melalui transportasi udara tetap melampirkan surat keterangan.
c. Menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Adapun aturan lainya masih sama dengan yang terdahulu. SE Walikota ini berlaku terhitung mulai tanggal 5 Oktober 2021 sampai dengan 18 Oktober 2021.

“Dengan diberlakukannya SE ini, maka SE Wali Batam nomor 53 tahun 2021 mengenai PPKM level 3 Kota Batam dinyatakan tidak berlaku lagi,” papar Azril.