Kabinda Kepri, Brigjen Pol Riza Celvian Gumay bersama Gubernur Ansar Ahmad saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar yang diselenggarakan BIN di Kota Batam. Foto : Yog/BI

Bataminfo.co.id, Batam – Badan Intelejen Negara (BIN) Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan vaksinasi massal untuk pelajar SLTP dan SLTA Kota Batam, di Maha Vihara Duta Maitreya, Jumat (23/7/2021). Kegiatan ini dikuti sebanyak 4.780 pelajar di Kota Batam.

Kepala BIN Daerah Kepri, Brigjen Pol Riza Celvian Gumay mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi siswa di Batam ini, akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu mendatang.

“Vaksinasi bagi pelajar tersebut atas instruksi dari Bapak Presiden RI Joko Widodo, untuk melakukan percepatan agar sekolah tatap muka dapat segera dilakukan,” ujar Gumay.

BACA JUGA:   Kapal Ikan Vietnam Curi Ikan di Anambas

Lanjutnya, bukan hanya di Batam, sejumlah daerah di Kepri juga akan dilakukan hal yang sama, agar vaksinasi bagi pelajar dapat merata, khususnya Kepri.

“Vaksin yang kita gunakan merupakan vaksin jenis Sinovac dan kita targetkan vaksinasi ini untuk anak umur mulai dari 12-17 tahun,” bebernya.

Kemudian, pihaknya juga telah menyediakan stok vaksin sebanyak 600 vial, untuk pemberian dosis kedua bagi pelajar se-Kota Batam.

“Next nya dosis kedua, kita sudah menyiapkan dosis sebanyak 600 vial. Khusus bagi para pelajar yang mendapatkan dosis pertama pada hari ini,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Terjatuh Dari Ketinggian 25 Meter, Pekerja Galangan Kapal di Batam Tewas

Ditempat yang sama, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengaku vaksinasi ini juga merupakan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Setahun sejak pemberlakuan belajar daring dilaksanakan, Ansar mengaku pastinya para pelajar di Batam sudah merasa bosan.

“Sudah lebih satu tahun kita adakan belajar secara daring, jujur ini tidak maksimal,” kata Ansar.

Berdasarkan data yang kita punya, jumlah remaja di Kepri ini dengan batas usia 12-17 tahun ada sebanyak 205.663 orang, dan jumlah yang sudah di vaksin sebanyak 65.703 atau 31,64 persennya semenjak di canangkan di Natuna.

BACA JUGA:   Kasus Cabul Mendominasi di Wilayah Batam Kota, AKP Sudirman Beri Pesan Penting

Sedangkan khusus untuk kota Batam saja, jumlah remaja sasaran vaksin adalah 117.866 dengan capaian yang sudah di vaksin 28 persen.

“Ini akan kita gesa terus, dan kita secara intens menyurati pemerintah pusat untuk memenuhi dosis vaksin yang kita butuhkan. Kita beri pemahaman kepada pusat bahwa Kepri ini terdepan posisinya. Sehingga masyarakatnya harus diutamakan dalam mendapatkan imunitas tubuhnya dengan di vaksin,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan vaksinasi di Maha Vihara Duta Maitreya Monastery, berjalan dengan lancar dan terlihat petugas kepolisian menjaga dan memperketat protokol kesehatan (prokes). (yog)