Ilustrasi kebakaran. Foto : internet

Bataminfo.co.id, Bintan – Dalam sepekan terakhir, UPTD Dinas Pemadam Kebakaran Toapa, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau mencatat, kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut mencapai 60 hektare.

Kepala UPTD Dinas Pemadam Kebakaran Toapaya, Nurwendi mengatakan, kebakaran menyasar lahan gambut dan semak belukar yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Toapaya, Gunung Kijang, dan Teluk Bintan.

BACA JUGA:   Polda Kepri Ungkap Penyelundupan Tiga Mayat di Batam, Tiga Orang Diamankan

“Sejak sepekan terakhir, hampir tiap hari terjadi karhutla,” katanya di Bintan, Jumat (12/3).

Dia menyebut pemicu kebakaran diduga kelalaian manusia yang membuka lahan dengan cara membakar. Pemicu lainnya ialah cuaca ekstrem seperti panas disertai angin kencang.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Paparkan Program Pembangunan di Tambelan

Pemkab Bintan berharap pihak kepolisian setempat mengusut tuntas apabila ada dugaan pelaku pembakaran hutan dan lahan secara sengaja.

“Pelaku pembakaran hutan dan lahan harus ditindak tegas, karena dapat memicu kerugian materil yang tak sedikit,” ujarnya di kutip dari Merdeka.com.

Lebih lanjut, Nurwendi menyampaikan, pihaknya telah menyiagakan personel dan mobil pemadam kebakaran 1×24 jam, mengingat karhutla diprediksi masih marak terjadi di daerah tersebut.

BACA JUGA:   Diduga Ada Penimbunan Lahan Tak Berizin di Batu Licin Bintan, GPR Kepri Minta Aparat Segera Ambil Tindakan TegasĀ 

Siaga karhutla turut melibatkan satgas gabungan terdiri dari Damkar, TNI-Polri, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk masyarakat. (*)