Wali Kota Batam, HM Rudi. Foto : istimewa

Bataminfo.co.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, sudah menyiapkan detail perencanaan pembangunan Kota Batam. Dengan adanya perencanaan tersebut, pembangunan di wilayah ini akan lebih tertata.

Rudi mengaku, dengan adanya perencanaan matang yang tertuang dalam Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Batam (Perda RTRW) tersebut, akan memudahkan pimpinan ke depan dalam membangun Batam.

BACA JUGA:   Miliki Sabu 103 Gram, Pria ini Ditangkap Polisi di Muka Kuning Batam

“Segera diberlakukan, ini rencana pembangunan jangka panjang,” ujar Rudi, Rabu (1/7/2020).

Menurut dia, perencanaan pembangunan selama ini dinilai belum sepenuhnya diterapkan sehingga, masih ada lokasi permukiman bercampur dengan lokasi usaha. Namun, Rudi belum mau memaparkan secara detil perencanaan per wilayah.

BACA JUGA:   20 PMKS Terjaring Razia di Batam

“Contoh, mungkin Batamcenter dikhususkan untuk wilayah pemerintahan, nanti wilayah perekonomian beda lagi,” ujarnya.

Detil perencanaan ini, kata dia, sebelumnya pernah dibuat sebelumnya, namun masih diabaikan. Dan saat ini sudah ditata lagi agar semua pembangunan sesuai dengan perencanaan. “Siapapun nanti pemimpin, pembangunan harus sesuai ini (Perda RTRW),” katanya.

BACA JUGA:   Safari Ramadhan di Pulau Kubung, BKDI BP Batam Salurkan Bantuan ke Musholah Al-Hidayah

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Batam, Wan Darusalam mengaku semua perencanaan yang tertuang dalam RTRW sudah siap, hanya saja menunggu pembahasan di DPRD Batam.

“Kerja kita sudah siap, tinggal nunggu tanggapan dari dewan,” katanya. (Media Center Batam)